Efektivitas pendekatan realistic mathematic education (rme) berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis dan self-efficacy

FAHMA, MARIZKA AULIA (2023) Efektivitas pendekatan realistic mathematic education (rme) berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis dan self-efficacy. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL]
Preview
Text (HALAMAN SAMPUL)
HALAMAN SAMPUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran secara langsung menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya berpikir matematis dan self-efficacy siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan pada kelas VII G dan VII H di SMP N 1 Kudus, yang memperoleh rata-rata sebesar 21,32, dengan nilai tertinggi 50 dan terendah 6,3. Tujuan dari penelitian ini yaitu, menguji perbedaan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa antara siswa yang belajar melalui pendekatan RME berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika antara siswa yang diajarkan dengan metode ceramah, menguji perbedaan peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa antara siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan RME berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika, menguji pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan RME berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika, menguji peningkatan self-efficacy dengan menerapkan pendekatan RME berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk penelitian Quasi Experimental. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik kelas secara acak atau Purposive Sampling. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas VII G dan VII H SMP N 1 Kudus dengan sampel 69 siswa dari jumlah populasi 283. Teknik pengumpulan data meliputi tes, angket, dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat antara lain uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yang meliputi uji t independen samples t-test, uji N-Gain, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa antara siswa yang belajar melalui pendekatan RME berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika dengan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan RME berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika, self-efficacy berpengaruh secara positif sebesar 90,7% terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan RME berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika, terdapat peningkatan self-efficacy dengan menerapkan pendekatan RME dan aplikasi android berbasis etnomatematika. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan RME berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan self-efficacy siswa kelas VII pada materi penyajian data. Dengan adanya hasil tersebut, maka pendekatan RME berbantuan aplikasi android berbasis etnomatematika perlu juga diterapkan di dalam materi matematika yang lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : Ratri Rahayu, S. Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 : Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Aplikasi Android, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Matematis, Pendekatan RME, Self-efficacy.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 18:42
Last Modified: 13 Mar 2024 21:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20691

Actions (login required)

View Item View Item