AULYA, RICHA (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi ethlaf apps berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sma. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (912kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (302kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (190kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran yang bersifat langsung dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa di SMA N 1 Bae Kudus. Hal ini terbukti dari studi pendahuluan pemahaman konsep dengan perolehan nilai rata-rata siswa yakni 58,06. Tujuan penelitian ini yakni (1) menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika mencapai KKTP, (2) menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa dengan diterapkannya model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan diterapkannya model pembelajaran langsung, (3) menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa dengan diterapkannya model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan sebelum diterapkannya model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika, (4) menguji terjadinya peningkatan kemampuan pemahaman konsep sesudah diterapkannya model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasi experimental. Rancangan penelitian ini menggunakan the nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik samplingnya menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XE5 dan XE6 SMA N 1 Bae Kudus. Analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yaitu uji one sample test, uji independent sample t test, uji paired sample t test dan analisis N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika mencapai KKTP, (2) rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa dengan diterapkannya model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan diterapkannya model pembelajaran langsung, (3) rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa dengan diterapkannya model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan sebelum diterapkan model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika, (4) terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep sesudah diterapkannya model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,68 pada kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yakni model PBL berbantuan ETHLAF APPS berbasis etnomatematika berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBMBING 2 : Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | PBL, ETHLAF APPS, Pemahaman Konsep. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 18:52 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 21:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20694 |
Actions (login required)
View Item |