Peningkatan hasil belajar matematika melalui model student teams achievement division berbantuan media papan diagram siswa kelas v sdn sambonganyar

Cahyani, Asri Nur (2023) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model student teams achievement division berbantuan media papan diagram siswa kelas v sdn sambonganyar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan permasalahan bahwa selama proses pembelajaran kurangnya penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Pada Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah digunakannya model Student Teams Achievement Division berbantuan media papan diagram. Mata pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Pembelajaran yang monoton serta tidak digunakannya media pembelajaran membuat siswa jenuh pada saat kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu, digunakannya model pembelajaran Student Teams Achievement Division dimana siswa dibagi berkelompok yang terdiri dari lima anggota yang berbeda tingkat kemampuan, jenis kelamin dan suku, melalui kerjasama kelompok siswa belajar untuk memahami materi yang dipelajari dengan berbantuan Media Papan Diagram yang dirancang guna menarik perhatian peserta didik dan bertujuan untuk mempermudah siswa melihat hasil dari penyajian data yang ada pada media. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri Sambonganyar dengan jumlah subjek 25 siswa, penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus dengan 4 tahapan. 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi, 4). Refleksi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian Hasil Belajar siswa ranah kognitif siklus I menunjukkan nilai rata-rata 73% dan siklus II 90% dengan peningkatan 17%. Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memiliki rata-rata sebesar 67% dan pada siklus II sebesar 81% dengan peningkatan 14%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memiliki rata-rata 61% dan siklus II 78% dengan peningkatan 17%. Dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 63% dan siklus II 79%. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas V SDN Sambonganyar dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Student Teams Achievement Division berbantuan media papan diagram dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : Lintang Kironoratri, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 : Diana Ermawati, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Student Teams Achievement Division, Media Papan Diagram.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 19:14
Last Modified: 13 Mar 2024 21:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20699

Actions (login required)

View Item View Item