Pengaruh model student team achievement division (stad) berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sd 2 wergu wetan kudus

PUTRI, HANA KURNIA (2023) Pengaruh model student team achievement division (stad) berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sd 2 wergu wetan kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Salah satu faktor rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS dan PPKn adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang menguasai kompetensi dasar pengetahuan pada pembelajaran IPS dan PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Mind Mapping dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), 2) menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Mind Mapping, dan 3) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental dan bentuk The One Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model STAD berbantuan Mind Mapping, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V SD 2 Wergu Wetan yang berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji normalitas sebagai uji prasyarat. Pada pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji One Sample T-Test, uji Paired Sample T-Test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa yang menerima model pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping dapat mencapai KKM 78, (2) terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping, dan (3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan dengan kategori sedang sesudah diterapkan model pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping. Mengingat model pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping terbukti berpengaruh dalam pembelajaran IPS dan PPKn di sekolah dasar maka diharapkan kepada pendidik agar dapat menerapkan model pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 : Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD), Media Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 19:28
Last Modified: 13 Mar 2024 21:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20701

Actions (login required)

View Item View Item