KHISMA, FUTRI AULIYA (2023) Pengaruh permainan tradisional boi-boi nan terhadap peningkatan interaksi sosial dan keterampilan gerak lokomotor pada siswa sd n 2 hadipolo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal judul.pdf - Published Version Download (340kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (253kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (260kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional Boi-Boi nan terhadap interaksi sosial dan keterampilan gerak lokomotor siswa SD N 2 Hadipolo. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kurangnya interaksi sosial anak pada siswa. Diketahui bahwa beberapa anak mendominasi dalam suatu kelompok bermain dan membentuk kelompok sendiri. Untuk itu peneliti memberikan solusi untuk membuat anak berinteraksi dengan orang lain yaitu dengan bermain permainan tradisional Boi-Boi nan. Permainan tradisional boi-boi nan termasuk dalam kegiatan latihan mengembangkan keterampilan gerak lokomotor. Keadaan tersebut menjadi dasar penelitian bagaimana pengaruh permainan tradisional Boi-Boi nan terhadap peningkatan interaksi sosial dan keterampilan gerak lokomotor siswa SD N 2 Hadipolo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan pre-eksperimental design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD N 2 Hadipolo dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah permainan tradisional sedangkan variabel terikatnya adalah interaksi sosial dan gerak lokomotor. Teknik penelitian ini yaitu pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan uji-t paired sample t-test dengan uji prasyarat normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data memenuhi uji prasyarat dengan pretest interaksi sosial bernilai 0,059 dan pada pre-test keterampilan gerak lokomotor bernilai 0,78. Sedangkan pada posttest interaksi sosial bernilai 0,258 dan pada posttest keterampilan gerak lokomotor bernilai 0,876. Kemudian hasil uji hipotesis pada interaksi sosial menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) memperoleh 0,000 < 0,05. Maka H01 ditolak dan Ha1 diterima. Sedangkan hasil uji hipotesis pada keterampilan gerak lokomotor menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) memperoleh 0,000 < 0,05. Maka H02 ditolak dan Ha2 diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional Boi-boinan dengan peningkatan interaksi sosial dan keterampilan gerak lokomotor. Berdasarkan uraian diatas maka dapat implikasikan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional boi-boinan terhadap peningkatan interaksi sosial dan keterampilan gerak lokomotor siswa di SD N 2 Hadipolo. Jadi dalam hal ini menuntut guru, orang tua, dan masyarakat terdekat siswa untuk aktif menggunakan permainan tradisional boi-boinan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Wawan Shokib rondli, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Moh Syaffruddin K, S.Si., M.Or |
Kata Kunci: | Permainan Tradisional, Boi-boinan, Interaksi Sosial, Gerak Lokomotor |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 19:35 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 19:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20702 |
Actions (login required)
View Item |