Pengaruh model numbered head together (nht) berbantuan media kincir angka pengetahuan (kicauan) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd

FADILA, MITARISA ELVIN (2023) Pengaruh model numbered head together (nht) berbantuan media kincir angka pengetahuan (kicauan) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (998kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy

Abstrak

Untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dapat diukur dengan menggunakan alat evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan rata-rata nilai pretest dan post-test kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri Bringin dan (2) mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Kincir Angka Pengetahuan (KICAUAN). Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu jenis pembelajaran kooperatif yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik dan lebih memfokuskan pada struktur khusus yang direncanakan untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan melatih peserta didik dalam berpikir kritis untuk menyampaikan ide-ide atau pendapat yang dipikirkan. Ciri khas model NHT yaitu setiap siswa dalam kelompok diberi nomor untuk memudahkan dalam aktivitas. Media Kincir Angka Pengetahuan (KICAUAN) merupakan media yang berbentuk menyerupai kincir angin dan bianglala yang dapat berputar dan dimainkan oleh siswa. Cara bermainnya seperti media roda putar. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri Bringin dengan subyek penelitian 43 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 3 kali pertemuan yang menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan model “One-Group Pretest-Posttest Design”. Metode pengumpulan data meliputi angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan post-test siswa secara signifikan yaitu diperoleh t_(hitung ) 14,617 > t_tabel 1,68 sehingga hasil post-test 78,18 memenuhi nilai KKM sebesar 60 dalam kategori Kritis. (2) terdapat peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 0,60 pada kategori Sedang. Sedangkan pada peningkatan setiap indikator kemampuan berpikir kritis. Indikator tertinggi terletak pada indikator 5 yaitu mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi mencapai 84,59%. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Kincir Angka Pengetahuan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri Bringin. Hendaknya guru menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan media Kincir Angka Pengetahuan (KICAUAN) sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 : Santoso, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Numbered Head Together, Media Kincir Angka Pengetahuan, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 19:40
Last Modified: 13 Mar 2024 21:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20703

Actions (login required)

View Item View Item