Peningkatan hasil belajar siswa kelas v sdn sidomulyo 1 pada tema 7 melalui penerapan model jigsaw Berbantuan media powtoon

NADIA SUJARWO, TRIA (2023) Peningkatan hasil belajar siswa kelas v sdn sidomulyo 1 pada tema 7 melalui penerapan model jigsaw Berbantuan media powtoon. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Model pembelajaran merupakan sebuah teknik mengajar yang dikuasai seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, model pembelajaran yang inovatif nantinya dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sidomulyo 1 pada tema 7 melalui penerapan model jigsaw berbantuan media powtoon. Hasil belajar adalah capaian yang diperoleh siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Model pembelajaran jigsaw adalah model pembelajaran dengan mengelompokkan siswa yang berisi 6-9 siswa yang nantinya akan dibagi lagi ke dalam kelompok ahli dan kelompok asal, dari masing-masing kelompok ahli nantinya akan berdiskusi dan akan kembali ke kelompok asal. Media powtoon berguna untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian mengambil kelas V SDN Sidomulyo 1 dengan jumlah siswa 36. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif meliputi ketuntasan belajar siswa dan kualitatif meliputi keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model jigsaw berbantuan media powtoon mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sidomulyo 1 pada tema 7. Peningkatan diperoleh dari prasiklus dengan rata-rata 69,73 presentase ketuntasan 44%, setelah diberi tindakaan pada siklus I memperoleh rata-rata 71,93 dengan presentase ketuntasan 70%, dan siklus II sebesar 74,94 dengan presentase ketuntasan 78%. Dari hasil penelitin yang dilakukan di SDN Sidomulyo 1 dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sidomulyo 1 pada tema 7 melalui model jigsaw berbantuan media powtoon, telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I :Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A Dosen Pembimbing II :Diana Ermawati, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Jigsaw, Media Powtoon
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 19:42
Last Modified: 13 Mar 2024 19:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20704

Actions (login required)

View Item View Item