Keefektifan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa di sdn pelemgede 02 kabupaten pati

NURKHOTIMAHAH, AYU (2023) Keefektifan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa di sdn pelemgede 02 kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
JUDUL DAN HALAMAN AYU NK.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 AYU.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 AYU nk.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 AYU.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 AYU nk.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 AYU.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN AYU.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya implementasi pembelajaran yang menggunakan Kurikulum Merdeka terutama dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa (bagian dari karakter profil pelajar pancasila). Selain itu, dikarenakan rendahnya kemampuan berpikir siswa di Indonesia berdasarkan hasil Programe for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018. Selanjutnya diperkuat hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Pelemgede 02, yang mana dalam proses pembelajaran siswa kelas IV memiliki keterampilan berpikir kritis yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran menggunakan model discovery learning dan mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pola belajar aktif dengan menemukan dan menyelidiki sendiri suatu konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, dengan desain pretest-posttest one group design. Penelitian dilakukan di SDN Pelemgede 02, Kabupaten Pati. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV sejumlah 20 siswa, pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelutian ini berupa intrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pre-test dan post-test keterampilan berpikir kritis siswa dalam bentuk pilihan ganda. Sementara instrumen non tes berupa lembar wawancara, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan peningkatan pada kategori tinggi sebesar nilai N-gain 0,61. Selain itu, model pembelajaran discovery learning efektif untuk meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui uji one-sample t test dengan nilai t 1,400 dan sig 0,178.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing II : Much Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd.,
Kata Kunci: Model Pembelajaran; Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis; Pendidikan Pancasila
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 20:06
Last Modified: 13 Mar 2024 20:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item