ELLYANA NUR AINI, DEWI (2023) Pemanfaatan wisata pintu gerbang majapahit sebagai sumber pembelajaran ipas berbasis kearifan lokal di sdn gempolsari 01 kabupaten pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (755kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (325kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (386kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran IPAS di sekolah dasar perlu adanya pembaharuan, karena masih menggunakan metode konvensional yaitu dengan cara ceramah dan buku teks masih menjadi satu-satunya sumber belajar. Pedekatan kearifan lokal merupakan salah satu cara agar pembelajaran IPS lebih kontekstual. Salah satu kearifan lokal daerah Kabupaten Pati yaitu wisata Pintu Gerbang Majapahit. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemanfaatan wisata Pintu Gerbang Majapahit sebagai sumber pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal bagi siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan wisata Pintu Gerbang Kerajaan Majapahit sebagai sumber pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal bagi siswa sekolah dasar. Wisata Pintu Gerbang Majapahit merupakan kawasan cagar budaya. Gerbang Majapahit, juga dikenal sebagai Lawang Keputren, adalah bagian penting dari pariwisata lokal dan warisan budaya karena memiliki pintu dengan makna sejarah tinggi yang terbuat dari ukiran kayu jati tua. Wisata ini dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan merupakan aktivitas berupa tindakan menerima atau memakai hal-hal yang berguna untuk proses sumber belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati. Sumber data primer pada penelitian ini adalah pengelola wisata, guru sekolah dasar, dan siswa sekolah dasar. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari artefak di tempat wisata, literatur buku, dan publikasi studi yang relevan. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan model Spradley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisata Pintu Gerbang Majahit dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran IPAS. Wisata ini memiliki potensi untuk dijadikan sumber pembelajaran salah satunya yaitu Lawang Kaputren yang memiliki cerita sejarah didalamnya dan acara atau tradisi-tradisi yang biasanya dilakukan oleh warga sekitar. Kedua potensi tersebut dapat dijadikan sumber pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal. Wisata pintu Gerbang Majapahit relevan dengan materi Cerita Tentang Daerahku di kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I :Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A Dosen Pembimbing II :Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kearifan Lokal, Pintu Gerbang Majapahit, dan Sumber Pembelajaran IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 20:08 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 20:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20710 |
Actions (login required)
View Item |