Pengaruh model course review horay berbantuan media papinka terhadap hasil belajar siswa kelas v sd negeri pati wetan 03

AZIZA, DENISE ZULVA (2023) Pengaruh model course review horay berbantuan media papinka terhadap hasil belajar siswa kelas v sd negeri pati wetan 03. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pati Wetan 03 V masih memiliki hasil belajar yang rendah pada muatan IPA karena guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pasif dan siswa kurang menguasai pembelajaran pada pembelajaran tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 muatan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji perbedaan rata -rata hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan model Course Review Horay berbantuan PAPINKA, 2) mengukur peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Course Review Horay berbantuan media PAPINKA. Model Course Review Horay adalah model pembelajaran yang menguji pemahaman siswa dengan cara menjawab soal dalam kartu kemudian siswa akan menjawabnya jika jawaban benar kelompok wajib berteriak “Horay”. Jika salah soal akan dilempar kelompok lain. Poin atau skor terbanyak ialah kelompok pemenang. Media PAPINKA adalah permainan papan ular tangga. Media ini efektif dalam meningkatkan serapan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Penelitian Ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-eksperimental design dan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pati Wetan 03. Pengambilan sampel dilakuakn dengan Teknik Sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri Pati Wetan 03 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji normalitas sebagai uji prasyarat. Pada pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji paired sample t-test dan uji N-gain. Hasil hipotesis dari uji paired sample t-test nilai rata-rata pretest adalah 63,92 sedangkan nilai rata-rata posttest 84,64. Menunjukan hasil normalitas yang diperoleh data pretest yaitu nilai sig 0.022 >0.05 ,maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan data posttest yaitu nilai sig 0.003 > 0.05 , maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatkan berdistribusi normal. Dan nilai N-gain sebesar 0,61 yang artinya kriteria sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata – rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Course Review Horay berbantuan media PAPINKA dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa sesudah menggunakan model Course Review Horay berbantuan media PAPINKA

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Khamdun, S.Pd. M.Pd., Dosen Pembimbing II : Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Hasil Belajar, Course Review Horay, PAPINKA(Papan Perpindahan Kalor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 20:26
Last Modified: 13 Mar 2024 20:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20711

Actions (login required)

View Item View Item