Peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa tema 8 melalui model numbered head together (nht) berbantuan media teka teki silang di kelas v sd n wirun kecamatan winong kabupaten pati

YULIASTANTI, DIAH EVI (2023) Peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa tema 8 melalui model numbered head together (nht) berbantuan media teka teki silang di kelas v sd n wirun kecamatan winong kabupaten pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
hal judul.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada muatan pelajaran PPKn dan IPS dengan menerapkan model Numbered Head Together berbantuan media teka-teki silang pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Model Numbered Head Together (NHT) merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Dengan adanya interaksi siswa menjadikan siswa berdiskusi dengan sungguh-sungguh serta mengetahui hasil diskusi yang telah dibuat sehingga keadaan tersebut membuat siswa lebih aktif dan dapat melatih mereka untuk berbicara di depan umum. Penelitian tindakan kelas ini akan di laksanakan di kelas V SD N Wirun Kecamatan Winong Kabupaten Pati dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitumodel pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Teka-teki Silang sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PPKn dan IPS serta keaktifan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I 76% (baik) pada siklus II menjadi 90% (sangat baik). Keaktifan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I 74% (baik) pada siklus II menjadi 87% (sangat baik). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I muatan PPKn 44% (kurang) sedangkan pada muatan IPS 56% (cukup) meningkat pada siklus II muatan PPKn menjadi 75% (baik) sedangkan pada muatan IPS menjadi 88% (sangat baik). Penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbatuan media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar, keaktifan siswa, serta keterampilan mengajar guru pada tema 8 lingkungan sahabat kita. Peneliti memberikan saran agar model Numbered Head Together (NHT) dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan menggunakan media yang lebih variatif sesuai dengan materi sehingga siswa lebih semangat dan dapat lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd.,M.Pd Dosen Pembimbing (2) Dr. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd.
Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Media Teka-teki Silang, Hasil belajar dan keaktifan siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 21:03
Last Modified: 13 Mar 2024 21:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20717

Actions (login required)

View Item View Item