Analisis dampak penggunaan smartphone pada hasil belajar siswa di sdn 4 puyoh

JODI, ANANG SETYAWAN (2023) Analisis dampak penggunaan smartphone pada hasil belajar siswa di sdn 4 puyoh. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan smartphone pada hasil belajar siswa di SDN 4 Puyoh, dengan rumusan masalah bagaimana penggunaan smartphone pada siswa dan bagaimana dampak penggunaan smartphone pada hasil belajar siswa di SDN 4 Puyoh. Yang dibahas dalam penelitian ini adalah dampak penggunaan smartphone dan hasil belajar terhadap siswa kelas IV di SDN 4 Puyoh. Smartphone merupakan teknologi yang disediakannya sebagai alat komunikasi, hiburan, dan media informasi. Hasil belajar adalah sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dampak smartphone dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Khususnya siswa yang terbiasa dan menjadikan kecanduan dalam penggunaan smartphone. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus, dimana dalam melakukan penelitian ini peneliti mengumpulkan dan menemukan data penelitian dalam bentuk observasi, wawancara, dokumentasi, dan data pendukung lainnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 4 Puyoh. Jumlah siswa di kelas IV ada 12 siswa dan yang akan menjadi informan ada 5 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Variabel dalam peneliti ini adalah dampak penggunaan semartphone pada siswa dan dampak penggunaan smartphone pada hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) Penggunaan smartphone pada siswa kelas IV di SDN 4 Puyoh adalah kondisi siswa tidak dapat lepas dari penggunaan smartphone dan sikap siswa sering kecewa, sedih, dan juga sampai marah (2) Dampak penggunaan smartphone terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN 4 Puyoh adalah hasil belajar siswa masih rendah dan siswa mengalami dampak kecanduan smartphone. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan smartphone pada siswa kelas IV di SDN 4 tidak dapat lepas dari penggunaan smartphone dan dampak penggunaan smartphone terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN 4 Puyoh masih rendah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Ahmad Bakhruddin, S.Pd.I., M.Pd.
Kata Kunci: Dampak Smartphone, Hasil Belajar dan Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 21:08
Last Modified: 13 Mar 2024 21:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20718

Actions (login required)

View Item View Item