Peningkatan hasil belajar ppkn pada kurikulum merdeka materi membangun jati diri dalam kebinnekaan menggunakan media audio-visual untuk siswa kelas iv sdn 2 sadang

SALSABILLA, MUFTIA (2023) Peningkatan hasil belajar ppkn pada kurikulum merdeka materi membangun jati diri dalam kebinnekaan menggunakan media audio-visual untuk siswa kelas iv sdn 2 sadang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Hasil belajar merupakan kemampuan siswa menangkap, merangsang, merespon kegiatan pembelajaran dengan melakukan evaluasi. Kurikulum Merdeka merupakan menerapkan pembelajaran dengan beragam konten atau edukasi yang optimal. Model kooperatif tipe student team achievement (STAD) kegiatan pembelajaran berkelompok untuk bekerja sama saling membantu, dan menghargai satu sama lain. Media Audio Visual merupakan media berupa video pembelajaran untuk membantu anak saat proses belajar mengajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan peningkatan hasil belajar mata pelajaran PPKn pada unit 3 “Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan” dengan menerapkan model student team achievement (STAD) berbantu media audio-visual pada siswa kelas IV SDN 2 Sadang Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Sadang dengan menggunakan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian berlangsung selama II Siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas adalah Model student team achievement (STAD) dan Media Audio Visual. Sedangkan variable yang terkait adalah Hasil Belajar. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitaif dan data kualitatif. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa meningkat dengan signifikan dari siklus I (55%) ke siklus II (80%). Ketrampilan guru mengalami peningkatan dari siklus I (71%) ke siklus II (83%). Dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (68%) ke siklus II (82%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada kelas IV SDN 2 Sadang dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar PPKn pada kurikulum merdeka materi membangun jati diri dalam kebinekaan menggunakan media audio-visual untuk siswa kelas IV SDN2 sadang. Peneliti menyarankan menggunakan model pembelajaran STAD berbantu media audio-visual dapat diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Erik Adita Ismaya Dosen pembimbing (2) Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Model student team achievement (STAD), Media Audio Visual, Hasil Belajar, Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 21:22
Last Modified: 13 Mar 2024 21:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20722

Actions (login required)

View Item View Item