SALSABILLA, MUFTIA (2023) Peningkatan hasil belajar ppkn pada kurikulum merdeka materi membangun jati diri dalam kebinnekaan menggunakan media audio-visual untuk siswa kelas iv sdn 2 sadang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (647kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (328kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (214kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Hasil belajar merupakan kemampuan siswa menangkap, merangsang, merespon kegiatan pembelajaran dengan melakukan evaluasi. Kurikulum Merdeka merupakan menerapkan pembelajaran dengan beragam konten atau edukasi yang optimal. Model kooperatif tipe student team achievement (STAD) kegiatan pembelajaran berkelompok untuk bekerja sama saling membantu, dan menghargai satu sama lain. Media Audio Visual merupakan media berupa video pembelajaran untuk membantu anak saat proses belajar mengajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan peningkatan hasil belajar mata pelajaran PPKn pada unit 3 “Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan” dengan menerapkan model student team achievement (STAD) berbantu media audio-visual pada siswa kelas IV SDN 2 Sadang Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Sadang dengan menggunakan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian berlangsung selama II Siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas adalah Model student team achievement (STAD) dan Media Audio Visual. Sedangkan variable yang terkait adalah Hasil Belajar. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitaif dan data kualitatif. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa meningkat dengan signifikan dari siklus I (55%) ke siklus II (80%). Ketrampilan guru mengalami peningkatan dari siklus I (71%) ke siklus II (83%). Dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (68%) ke siklus II (82%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada kelas IV SDN 2 Sadang dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar PPKn pada kurikulum merdeka materi membangun jati diri dalam kebinekaan menggunakan media audio-visual untuk siswa kelas IV SDN2 sadang. Peneliti menyarankan menggunakan model pembelajaran STAD berbantu media audio-visual dapat diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Dr. Erik Adita Ismaya Dosen pembimbing (2) Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model student team achievement (STAD), Media Audio Visual, Hasil Belajar, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 21:22 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 21:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20722 |
Actions (login required)
View Item |