Pengaruh penerapan media monopoli budaya lokal (mobukal) kota kudus terhadap pengetahuan budaya pada peserta didik sekolah dasar

INDAH KURNIAWATI, AFRINA (2023) Pengaruh penerapan media monopoli budaya lokal (mobukal) kota kudus terhadap pengetahuan budaya pada peserta didik sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan pada kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap budaya lokal Kota Kudus. Hasil pra penelitian menunjukkan nilai yang masih rendah, terbukti dari 13 peserta didik yang tuntas (44,82) dan 16 peserta didik tidak tuntas (55,18). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan media monopoli budaya lokal (MOBUKAL) Kota Kudus terhadap pemahaman konsep budaya lokal bagi peserta didik kelas IV di SDN 1 Kedungdowo dan seberapa besar peningkatan penggunaan media monopoli budaya lokal (MOBUKAL) Kota Kudus. Media monopoli merupakan salah satu permainan terbuat dari banner terdiri dari 24 petak budaya lokal Kota Kudus dan dadu terbuat dari kain flanel. Budaya lokal adalah nilai-nilai lokal hasil budidaya masyarakat suatu daerah terbentuk secara alami budaya lokal ini dapat berupa hasil seni, tradisi, atau makanan. Pengetahuan budaya lokal Kudus diartikan sebagai usaha seseorang yang awalnya belum mengenal budaya lokal setelah dikenalkan akhirnya mengenali. Penelitian kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest ini akan dilakukan di kelas IV SDN 1 Kedungdowo dengan subjek penelitian 29 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media monopoli budaya lokal (MOBUKAL) Kota Kudus sedangkan variabel terikatnya yakni pengetahuan budaya lokal Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data statistik deskriptif yang berupa uji normalitas data, uji paired sample t-test, dan uji n-gain. Penerapan media monopoli budaya lokal (MOBUKAL) terhadap pemahaman konsep budaya peserta didik dengan uji paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 sedangkan pada perhitungan thitung 11,212 > ttabel 2,048, maka disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan peningkatan penggunaan media monopoli budaya lokal (MOBUKAL) kota kudus terhadap pengetahuan budaya lokal kudus dengan uji n-gain menunjukkan nilai rata-rata 0,58 dengan kriteria sedang. Uji statistik diperoleh hasil (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dengan rata-rata skor posttest peserta didik, (2) terdapat peningkatan rata-rata skor pengetahuan budaya lokal secara keseluruhan pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media monopoli budaya lokal (MOBUKAL) kota kudus berpengaruh terhadap pengetahuan budaya lokal kudus pada peserta didik kelas IV SDN 1 Kedungdowo.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I :Much. Arsyad Fardani, M.Pd. Dosen Pembimbing II :Lovika Ardana Riswari, M.Pd
Kata Kunci: Budaya Lokal, Media Monopoli, MOBUKAL, Pengetahuan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 21:26
Last Modified: 13 Mar 2024 21:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20723

Actions (login required)

View Item View Item