CANDRA, EVITA (2023) Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ppkn materi pemilu kelas v di sdn 8 kedungsari. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (270kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Motivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKN terkait dengan materi pemilu di SDN 8 Kedungsari tergolong rendah. Hal ini tentu memberikan permasalahan pada proses pembelajaran yang berlangsung. Kurangnya motivasi belajar ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Maka diperlukan peran guru dan strategi pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PPKN materi pemilu di SDN 8 Kedungsari. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat dan mencapai tujuan tertentu. Pembelajaran PPKn materi pemilu merupakan salah satu pembelajaran yangberkaitan dengan politik sebagai bentuk kedaulatan rakyat yang diatur oleh hokum melibatkan masyarakat dan memberikan partisipasi masyarakat dalam membentuk pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 5 siswa dari kelas V yang diambil menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan analisis data bahwa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn materi pemilu masih tergolong sedang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terjadi diantaranya ialah siswa menghadapi kesulitan dalam memahami materi, lingkungan belajar yang tidak kondusif dalam pembelajaran tersebut, serta semangat dari orang tua siswa. Hasil upaya yang dilakukan guru sudah berhasil namun belum maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru telah menjalankan perannya dengan upaya untuk mengatasi beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pmbelajaran PPKn materi pemilu namun hasilnya belum maksimal sehingga harus lebih diupayakan lagi. Saran yang harus diperhatikan kepada siswa ialah agar siswa lebih mendorong dirinya agar termotivasi belajar. Kepada guru supaya dapat menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II : Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd., |
Kata Kunci: | Motivasi Belajar, PPKN, Pemilu |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 23:05 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 23:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20725 |
Actions (login required)
View Item |