Pengembangan media idola (interaktif, digitalisasi, online, asyik) berbantuan aplikasi articulate storyline 3 untuk mapel ipa kelas iv sekolah dasar di kecamatan sarang rembang

PURWANINGSIH, UJI (2023) Pengembangan media idola (interaktif, digitalisasi, online, asyik) berbantuan aplikasi articulate storyline 3 untuk mapel ipa kelas iv sekolah dasar di kecamatan sarang rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menganalisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media IDOLA berbantuan articulate storyline 3 untuk mapel IPA, 2) menyusun desain media IDOLA berbantuan articulate storyline 3 untuk mapel IPA, 3) menganalisis kelayakan media IDOLA berbantuan articulate storyline 3 untuk mapel IPA, 4) menganalisis keefektifan media IDOLA berbantuan articulate storyline 3 untuk mapel IPA. Media pembelajaran digunakan secara efektif dan efisian sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran (Musfiqon, 2012: 28). Sedangkan menurut Riyana (2007:5) media interaktif merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, cara mengevaluasi yang sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi/subkompetensi mata pelajaran yang diharapkan. Articulate Storyline merupakan salah satu multimedia authoring tools yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan konten yang berupa gabungan dari teks, gambar, grafik, suara, animasi dan video (Dydik, 2020:5). Salah satu hakikat pembelajaran IPA adalah Sain Teknologi Manusia (STM). John Ziman dalam (Anna Podjiadi, 2010:99) berpendapat bahwa teknologi dapat digunakan sebagai penghubung antara sains dan masyarakat. Dengan kata lain pemanfaatan teknologi dapat kita gunakan sebagai media penyampaian sains/IPA kepada anak didik kita. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yaitu memvalidasi dan mengembangkan produk. Penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Namun karena keterbatasan waktu, peneliti hanya menggunakan 8 langkah yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengumpulkan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Awal, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis lembar validasi, analisis angket kelayakan, angket respon guru dan peserta didik, dan analisis perolehan uji t, uji gain. Desain uji coba produk menggunakan pretest posttest control group design pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Kalipang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik SD Negeri 1 Karangmangu sebagai kelas kontrol. Produk yang dikembangkan berupa media IDOLA berbantuan articulate storyline 3 untuk mapel IPA. Media IDOLA dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada siswa dan guru kelas IV di tiga SD pada Gugus Pringgodani Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Media IDOLA terbukti layak karena jumlah skor yang diperoleh dari dua validator masing-masing 90 dan 93 kriteria skor “sangat layak”. Hasil respon dari siswa sebesar 90,85 % dan respon dari guru di tiga SD dengan rata-rata sebesar 93,75% dengan kategori produk “sangat menarik”. Penggunaan Media IDOLA efektif yang terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar. Rata-rata persentase prettest pada kelas eksperimen dan kontrol hampir sama, yaitu 37,25 dan 39. Setelah diberikan intervensi, rata-rata posttest kelas eksperimen dan kontrol meningkat menjadi 84,75 dan 77. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 3,555 dengan taraf signifikansi 0,000< α = 0,05. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pengembangan media IDOLA berbantuan articulate storyline 3 untuk mapel IPA terbukti sesuai kebutuhan, layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Disarankan agar guru menggunakan media IDOLA dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Erik Aditya Ismaya, S.Pd, M.A., Dosen Pembimbing II: Dr. Khamdun, S.Pd, M.Pd.,
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Mapel IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Mar 2024 20:21
Last Modified: 14 Mar 2024 20:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20732

Actions (login required)

View Item View Item