FATINA, SALSABILA WIDYA (2023) Pengembangan e-modul berbasis problem based learning mata pelajaran ipas materi kearifan lokal di sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan e-modul, membuat desain e-modul, menganalisis kelayakan e-modul, dan menganalisis keefektifan e-modul berbasis PBL muatan IPAS materi kearifan lokal. Penelitian ini mengaplikasikan metode R&D. Menggunakan model Brog and Gall dengan mengimplementasikan 7 langkah yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desai, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan ahli. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang diaplikasikan adalah angket. Angket validasi ditujuakan kepada ahli media, materi, bahasa. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan adalah pengembangan e-modul berbasis PBL dikembangkan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru kelas IV di tiga SD Ngasem. Pengembangan e-modul berbasis PBL muatan IPAS materi Kearifan lokal dikembangkan menggunakan model Brog Gall dengan 7 langkah, serta dibuat menggunakan aplikasi Flipbook. E-modul berbasis PBL dinyatakan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran, dengan rata-rata hasil presentase validasi ahli yaitu: ahli media 92,65%, ahli materi 96,4%, ahli bahasa 95,4 % dengan kategori “sangat layak”, sedangkan untuk respon siswa sebesar 97,5% dan respon guru di tiga SD sebesar 97,3% dengan kategori “ sangat layak”. Penggunaan e-modul berbasis PBL efektif digunakan dalam pembelajaran kearifan lokal. Dengan rerata hasil belajar pretest kelas kontrol dan eksperimen yaitu kelas eksperimen 88,47, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol, 79,82 Artinya, Ada perbedaan hasil belajar posttest pada kelas kontrol dan eksperimen, yaitu hasil belajar posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,67 kategori sedang. Dengan demikian pembelajaran menggunakan e-modul berbasis PBL kategori efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Erik Aditia Ismaya, S. Pd, M.A., Dosen Pembimbing II: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | e-modul, Problem Based Learning, Kearifan lokal |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 20:27 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 20:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20733 |
Actions (login required)
View Item |