Implementasi model pembelajaran role playing menggunakan media magic book dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas iii sd

SALAMAH, UMMI (2023) Implementasi model pembelajaran role playing menggunakan media magic book dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas iii sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa dan juga mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran di kelas dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing berbantuan media Magic Book. Serta tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketrampilan mengajar guru selama pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing berbantuan media Magic Book. Mata pelajaran Matematika yang di anggap sulit, sebaliknya dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terlalu dianggap gampang. Hal ini membuat siswa kurang bisa memahami konsep pada materi, karena terlalu menganggap remeh, baik terlalu mudah maupun terlalu sulit. Ditambah lagi guru hanya bisa mendominasi dengan menggunakan metode ceramah. Inilah salah satu faktor siswa kurang bisa memahami konsep pada materi yang diajarkan, karena siswa merasa jenuh dan bosan selama pembelajaran di kelas. Setalah dilakukannya prasiklus pada kelas III di SDN Sambonganyar, terbukti bahwa pemahaman konsep siswa memperoleh nilai sebesar 62.40% dengan kategori perlu bimbingan. Penelitian dilakukan di kelas III SDN Sambonganyar dengan jumlah subjek 25 siswa, penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang tiap siklusnya terdapat 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelejaran Role Playing berbantuan media Magic Book. Variabel terikatnya adalah keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan soal tes pemehaman konsep. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil jika hasil hasil analisis penelitian menunjukkan telah mencapai indikator keberhasilan >75. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru siklus I 78.03% dengan kategori cukup, siklus II 89.50% kategori baik. hasil penelitian aktivitas siswa siklus I 70.62% kategori cukup, siklus II 78.08%. Hasil tes pemahaman monsep siswa siklus I 68.00% kategori perlu bimbingan, siklus II 82.20% dengan baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan bahwa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64.25% dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78.17%. Hasil pengamatan keterampilan mengajar guru memperoleh nilai sebesar 78.03% dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 89.50%. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas III SDN Sambonganyar dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing berbantuan media Magic Book dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa di kelas, dan juga keterampilan mengajar guru meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Much Arsyad Fardani, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Lovika Ardana Riswari, M.Pd
Kata Kunci: Role Playing, Magic Book, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Mar 2024 21:09
Last Modified: 14 Mar 2024 21:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20736

Actions (login required)

View Item View Item