Peningkatan keterampilan menulis teks prosedur sederhana dengan metode make a match berbantu media permainan lompat bisa pada kelas iv sd islam miftahul falah margoyoso

KHUSNIA, YUN NIā€™MATUL (2023) Peningkatan keterampilan menulis teks prosedur sederhana dengan metode make a match berbantu media permainan lompat bisa pada kelas iv sd islam miftahul falah margoyoso. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal. Judul (Yun).pdf - Published Version

Download (884kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I (Yun).pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II (Yun).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III (Yun).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV (Yun).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V (Yun).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (Yun).pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN (Yun).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks prosedur serta minat belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Make A Match berbantu media permainan lompat bisa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Islam Miftahul Falah Margoyoso. Keterampilan menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang produktif dan eksprektif serta memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengacu pada keterampilan berbahasa. Model pembelajaran Make A Match adalah suatu model pembelajaran yang menekankan keaktifan dan kerja sama antar siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Permainan lompat bisa dapat menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD Islam Miftahul Falah Maroyoso, kecamatan Margoyoso, kabupaten Pati. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : observasi, perencanaan, tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisi data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan menulis teks prosedur mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 72% dengan persentase kenaikan sebesar 27,69%, sedangkan minat belajar menulis siswa mencapai persentase sebasar 68%. Pada siklus II keterampilan menulis teks prosedur mengalami peningkatan sebesar 68% dengan pemerolehan ketuntasan klasikal sebanyak 93% dan juga minat belajar menulis siswa mengalami peningkatan persentase sebesar 68%. Bersadarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis teks prosedur dan minat belajar menulis dalam pelajaran Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantu media permaian lompat bisa pada siswa kelas IV SD Islam Miftahul Falah Margoyoso

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Lintang kironoratri S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing 2: M. Syafruddin Kuryanto S.Si., M.Or
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teks Prosedur Sederhana, Make A Match, Permainan Lompat Bisa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Mar 2024 21:37
Last Modified: 20 Mar 2024 21:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20762

Actions (login required)

View Item View Item