Peningkatan hasil belajar ipa dan bahasa indonesia kelas v menggunakan model pembelajaran predict observe explain (poe) sd 7 bulung kulon

Cahyani, Widya Putri (2023) Peningkatan hasil belajar ipa dan bahasa indonesia kelas v menggunakan model pembelajaran predict observe explain (poe) sd 7 bulung kulon. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (755kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada tema Benda-Benda di Sekitarku kelas V SD 7 Bulung Kulon. Hasil belajar adalah kegiatan yang dilakukan setelah proses belajar mengajar yang ditujukan dapat memberikan perubahan perilaku pada siswa yang meliputi aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif. Model Predict Observe Explain (POE) merupakan model yang menerapkan 3 tugas utama yaitu prediksi, mengamati, dan menjelaskan untuk mencapai ketuntasan belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 7 Bulung Kulon dengan subjek penelitian 17 siswa yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data yang digunakan yaitu data kulitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa aspek kognitif, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa pada tema Benda-Benda di Sekitarku. Hasil belajar aspek kognitif muatan Bahasa Indonesia meningkat secara signifikan pada siklus I memperoleh 76,47% dan siklus II memperoleh 94,11%. Sedangkan pada muatan IPA siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 70,58% dan siklus II sebesar 88,23%. Peningkatan keterampilan mengajar guru siklus I memperoleh presentase 73% dengan kualifikasi baik pada siklus II 86% dengan kualifikasi sangat baik. Peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh presentase 67,36% dengan kualifikasi baik dan siklus II 81,34% dengan kualifikasi sangat baik. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya penerapan model Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas V SD 7 Bulung Kulon. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang sudah dilakukan pada kelas V SD 7 Bulung Kulon, dapat disimpulkan bahwa adanya penerapan model Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Khamdun, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Lintang Kironoratri, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA dan Bahasa Indonesia, Predict Observe Explain (POE).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Mar 2024 21:50
Last Modified: 20 Mar 2024 21:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20763

Actions (login required)

View Item View Item