Hubungan antara motivasi dan kecerdasan emosional dengan problem solving pada remaja broken home

Azzahra, Nadya Tsabita (2023) Hubungan antara motivasi dan kecerdasan emosional dengan problem solving pada remaja broken home. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (836kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan kecerdasan emosional dengan problem solving pada remaja broken home. Subyek dalam penelitian ini adalah 127 remaja yang mengalami broken home di seluruh pulau Jawa yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik quota sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala problem solving, skala motivasi dan skala kecerdasan emosional. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel Rx1,2y sebesar 0,309 dengan p sebesar 0,002 (p<0,01) artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara motivasi dan kecerdasan emosional dengan problem solving. Dengan demikian hipotesis mayor dalam penelitian ini diterima. Hasil koefisien korelasi antara motivasi dengan problem solving rx1y, sebesar 0,304 dengan taraf signifikan p 0,001 (p<0,01) yang artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi dengan problem solving pada remaja broken home, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Adapun koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dengan problem solving rx2y, sebesar 0,216 dengan taraf signifikan p sebesar 0,015 (p<0,05), hal ini menyatakan ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan problem solving, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif variabel motivasi dan kecerdasan emosional dengan problem solving sebesar 9,5%, variabel motivasi dengan problem solving sebesar 9,3%, dan variabel kecerdasan emosional dengan problem solving sebesar 4,7%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Latifah Nur Ahyani, S.Psi, M.A.
Kata Kunci: kecerdasan emosional, motivasi, problem solving
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Filsafat agama. psikologi agama. agama dalam kaitannya dengan mata pelajaran lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Mar 2024 23:33
Last Modified: 20 Mar 2024 23:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20767

Actions (login required)

View Item View Item