Azzahra, Nadya Tsabita (2023) Hubungan antara motivasi dan kecerdasan emosional dengan problem solving pada remaja broken home. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (731kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (387kB) |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (836kB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan kecerdasan emosional dengan problem solving pada remaja broken home. Subyek dalam penelitian ini adalah 127 remaja yang mengalami broken home di seluruh pulau Jawa yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik quota sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala problem solving, skala motivasi dan skala kecerdasan emosional. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel Rx1,2y sebesar 0,309 dengan p sebesar 0,002 (p<0,01) artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara motivasi dan kecerdasan emosional dengan problem solving. Dengan demikian hipotesis mayor dalam penelitian ini diterima. Hasil koefisien korelasi antara motivasi dengan problem solving rx1y, sebesar 0,304 dengan taraf signifikan p 0,001 (p<0,01) yang artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi dengan problem solving pada remaja broken home, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Adapun koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dengan problem solving rx2y, sebesar 0,216 dengan taraf signifikan p sebesar 0,015 (p<0,05), hal ini menyatakan ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan problem solving, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif variabel motivasi dan kecerdasan emosional dengan problem solving sebesar 9,5%, variabel motivasi dengan problem solving sebesar 9,3%, dan variabel kecerdasan emosional dengan problem solving sebesar 4,7%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Latifah Nur Ahyani, S.Psi, M.A. |
Kata Kunci: | kecerdasan emosional, motivasi, problem solving |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Filsafat agama. psikologi agama. agama dalam kaitannya dengan mata pelajaran lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 23:33 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 23:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |