Efektivitas model pembelajaran advance organizer berbantuan static apps terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi Matematis peserta didik

KHASANAH, NOOR (2023) Efektivitas model pembelajaran advance organizer berbantuan static apps terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi Matematis peserta didik. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN SAMPUL-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran matematika di Indonesia masih tergolong rendah terutama kemampuan memahami konsep dan disposisi matematis. Hal ini dikarenakan penerapan model pembelajaran langsung. Dari tes studi pendahuluan di SMP 3 Bae di kelas VII A dan VII B, diperoleh rata-rata 60% dan 49%, kemudian hasil angket membuktikan peserta didik memerlukan bimbingan di setiap indikator. Tujuan penelitian ini yaitu, 1) menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep yang diajarkan model pembelajaran Advance Organizer (AO) berbantuan Static Apps lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep yang diajarkan model pembelajaran langsung, 2) menguji peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajarkan model pembelajaran AO berbantuan Static Apps, 3) menguji perbedaan peningkatan disposisi yang diajarkan model AO berbantuan Static Apps dengan model pembelajaran langsung, 4) menguji pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep yang diajarkan model pembelajaran AO. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode Quasi Experimental. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 3 Bae dengan jumlah populasi 151 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel terpilih adalah peserta didik kelas VII A dan VII B dengan jumlah peserta didik 32 perkelas. Variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis. Sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran dan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan angket. Instrumen penelitian ini yaitu tes dan angket. Analisis data meliputi, analisis data awal berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata serta analisis data akhir berupa uji t dua sampel independent, uji N-Gain Ternormalisasi, uji Mann Whitney dan uji Regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep yang diajarkan model pembelajaran Advance Organizer (AO) berbantuan Static Apps lebih baik daripada rata-rata yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajarkan model pembelajaran AO berbantuan Static Apps mengalami peningkatan, (3) terjadi perbedaan peningkatan disposisi matematis peserta didik model pembelajaran AO berbantuan Static Apps dengan model pembelajaran langsung, (4) adanya pengaruh disposisi matematis peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep yang diajarkan model AO berbantuan Static Apps. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model AO berbantuan Static Apps terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbiing 2: Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Advance Organizer, Static Apps.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Mar 2024 18:35
Last Modified: 21 Mar 2024 18:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20770

Actions (login required)

View Item View Item