Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik self Management pada siswa kelas xii ips 4 Sma nu al-ma’ruf kudus

SRI WIDIYASTUTI, WAHYU (2023) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik self Management pada siswa kelas xii ips 4 Sma nu al-ma’ruf kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management digunakan sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII 4 IPS SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. 2. Memperoleh hasil peningkatan motivasi belajar kearah yang lebih baik, setelah dilakukannya layanan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa kelas XII IPS 4 SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang berasal dari luar atau dalam diri siswa untuk melakukan suatu kegiatan yang berhubungan dengan belajar dengan maksud mencapai tujuan yang diinginkan. Layanan bimbingan kelompok teknik self management merupakan layanan yang akan diberikan oleh peneliti sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS 4 SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan subjek yang penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan motivasi belajar tinggi agar terjadi dinamika kelompok. Dalam penggumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah mixed methode dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dan diperkuat dengan data kualitatif untuk memperoleh kesimpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian dimulai dari pra siklus dimana menunjukan motivasi belajar siswa memperoleh skor rata-rata 11 dengan kategori kurang (K). Pada siklus I memperoleh skor 15 dengan kategori baik (B) dan pada siklus II memperoleh skor 20 dengan kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dari hasil penelitian ini, ialah: 1) Peningkatan keterampilan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik self management siklus I memperoleh skor 70 kategori baik (B) dan pada siklus II memperoleh skor sebesar 92 kategori sangat baik (SB). 2) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII IPS 4 SMA NU Al-Ma’ruf Kudus telah berhasil dilakukan. Hal ini terbukti dari hasil pra siklus, siswa memperoleh skor 11 kategori kurang (K). Pada siklus I memperoleh skor 15 kategori baik (B) dan pada siklus II memperoleh skor 20 dengan kategori sangat baik (SB).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Dr. Indah Lestari M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Drs. Sucipto M.Pd.
Kata Kunci: motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Self Management
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Mar 2024 19:01
Last Modified: 21 Mar 2024 19:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20771

Actions (login required)

View Item View Item