Sumiati, Sumiati (2023) Pengembangan modul ajar kurikulum merdeka berbasis problem based learning materi uang dan penggunaannya di sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (235kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (96kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain modul ajar kurikulum merdeka berbasis Problem Based Learning serta mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada materi Uang dan Penggunaanya pada kelas IV SD. Produk yang dihasilkan berupa modul ajar yang mendukung proses belajar mengajar. Pengembangan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning materi Uang dan Penggunaannya di sekolah dasar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development), yang menggunakan tujuh langkah, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Validasi dilakukan oleh satu ahli materi dan satu pakar media. Percobaan uji kepraktisan dan uji efektivitas dilakukan pada 40 siswa kelas IV sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian media, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis lembar validasi, analisis angket kepraktisan, dan analisis perolehan uji t untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran yang dikembangkan. Analisis kebutuhan siswa dan guru memerlukan modul pengajaran berbasis masalah yang dapat digunakan untuk membantu mereka dalam mengajarkan pembelajaran IPA tentang uang dan kegunaannya dalam kurikulum Merdeka. Modul ajar berkategori layak dan sangat valid dengan rata-rata validitas uji materi sebesar 81,8% (sangat valid), sedangkan validitas uji media sebesar 82,3% (sangat valid). Peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD setelah menggunakan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning menunjukkan n-gain sebesar 0,49 termasuk kriteria sedang ditinjau dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil uji t menunjukkan 12,836 > 0,05 dinyatakan diterima dan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis Problem Based Learning layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selanjutnya saran, guru diminta mengikuti pelatihan agar memahami dan menguasai model dan media pembelajaran terkini yang mendukung proses belajar mengajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A Dosen Pembimbing II: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | modul ajar, kurikulum merdeka, Problem Based Leraning. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 23:07 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 23:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20782 |
Actions (login required)
View Item |