Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dengan inovasi produk sebagai variabel intervening (studi kasus pada umkm jenang di kudus)

RIZQIYYAH, AYU WIRANI (2023) Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dengan inovasi produk sebagai variabel intervening (studi kasus pada umkm jenang di kudus). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi berkurangnya pangsa pasar membuat tingkat persaingan yang semakin ketat di dalam UMKM Jenang Kudus sehingga menuntut pelaku usaha dalam industri ini untuk menerapkan strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan lingkungan yang terus berubah. Kemajuan UMKM Jenang sepenuhnya tergantung pada kemampuan pelaku usaha untuk menciptakan dan menumbuhkan daya saing yang dapat menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan dalam membangun keunggulan bersaing dengan inovasi produk sebagai variabel intervening pada UMKM Jenang di Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Jenang yang tersebar di Kota Kudus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 UMKM Jenang Kudus. Dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan metode Partial Least Square (PLS) diperoleh hasil bahwa (1) orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, (2) orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, (3) orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, (4) orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, (5) inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, (6) orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing melalui inovasi produk sebagai variabel intervening, dan (7) orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing melalui inovasi produk sebagai variabel intervening.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Supriyono, S.E,. M.M Dosen Pembimbing 2: Hutomo Rusdianto, S.E,. M.B.A,. A.W.M,.Q.W.M,.C.B.V
Kata Kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Periklanan
Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Mar 2024 21:48
Last Modified: 27 Mar 2024 21:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20863

Actions (login required)

View Item View Item