Lestari, Liza Tri (2024) Peningkatan disiplin waktu masuk sekolah dengan bimbingan kelompok teknik home room kelas xi sma n 1 nalumsari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan bimbingan kelompok dengan teknik home room sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room dalam meningkatkan kedisiplinan waktu siswa di SMA N 1 Nalumsari. 2. Mendeskripsikan tingkat perubahan kedisiplinan waktu siswa setelah dilaksanakannya bimbingan kelompok Teknik home room kelas XI SMA N 1 Nalumsari Disiplin waktu merupakan sikap sadar aturan yang menyatu pada diri seseorang yang ditunjukkan melalui perilaku sehari-hari serta dapat menentang ketidak teraturan waktu seseorang melalui kesadaran akan kewajiban dalam menyikapi waktu. Disiplin waktu sangat diperlukan terutama dalam dunia Pendidikan tak terkecuali pada siswa SMA N 1 Nalumsari. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa yang memiliki disiplin waktu yang rendah di sekolah. hal ini dapat dilihat pada penelitian ini oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan sikap disiplin waktu siswa menggunakan bimbingan kelompok teknik home room. Metode penelitian tindakan bimbingan konseling ini dilakukan pada kelas IX di SMA N 1 Nalumsari dengan subjek penelitian 8 orang siswa dengan 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan penelitian ini memperoleh hasil, nilai kedisiplinan masuk sekolah meningkat sebesar 39 skor dihitung mulai dari berhasil pra siklus hingga siklus kedua titik skor pra siklus memperoleh rata-rata sebesar 37 dengan predikat sangat kurang sedangkan setelah dilakukannya penelitian skor kedisiplinan siswa mencapai 76 dengan kategori baik dari hasil tersebut menunjukkan bahwasanya kenaikan skor memenuhi syarat minimal dalam penelitian ini. Komponen kedisiplinan masuk sekolah mengarah pada kesimpulan bahwa penelitian ini sudah cukup. Simpulan pada penelitian ini adalah pada saat melaksanakan siklus 1 menghasilkan rata-rata skor sebesar 62 dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan masuk sekolah dapat meningkat setelah diadakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room di SMA Negeri 1 Nalumsari setelah diadakannya siklus kedua kedisiplinan waktu masuk sekolah meningkat sebesar 76 dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwasanya bimbingan kelompok teknik home room dapat meningkatkan sikap disiplin waktu masuk sekolah siswa. Penelitian bimbingan kelompok menggunakan teknik home room dalam Meningkatkan kedisiplinan waktu masuk sekolah diharapkan dapat diterapkan oleh guru BK di sekolah tersebut sehingga hasil yang didapat pun lebih optimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Agung Slamet Kusmanto, S.Pd., M.Pd., Kons Dosen Pembimbing I Dr. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd, Kons Dosen Pembimbing II |
Kata Kunci: | Bimbingan Kelompok dengan teknik Home Room, Meningkatkan disiplin Waktu |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 18:47 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 18:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
