Penerapan konseling behaviour dengan teknik shaping untuk meningkatkan kebiasaan belajar Siswa kelas xi f 6 sma n 2 kudus tahun ajaran 2023/2024

JISMI, MUHAMMAD FAIZUL (2024) Penerapan konseling behaviour dengan teknik shaping untuk meningkatkan kebiasaan belajar Siswa kelas xi f 6 sma n 2 kudus tahun ajaran 2023/2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstrak

Belajar merupakan hasil yang sangat permanen dalam perilaku hasil dari pengalaman maupun latihan. Kebiasaan belajar adalah salah satu cara bagi siswa untuk mendapatkan kenyamanan dalam kegiatan belajar siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kebiasaan belajar akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk 1.Menemukan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebiasaan belajar siswa di kelas XI F 6 SMA Negeri 2 Kudus Kudus 2. Membantu meningkatkan kebiasaan belajar siswa di kelas XI F 6 SMA Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2023/2024, melalui konseling Behavioral dengan Teknik Shaping. Konseling Behavioristik merupakan Konseling yang berdasar perilaku manusia yang berlandaskan kepada teori belajar, modifikasi tingkah laku dan pendekatan-pendekatan terhadap konseling dan psikoterapi yang berkaitan dengan tingkah laku. Teknik Shaping adalah sebuah teknik konseling behavioristik dimana fokus utama teknik shaping adalah pembentukan perilaku yang baru dengan cara pemberian reinforcement di setiap tingkah laku yang ditampilkan secara berkala hingga mendekati perilaku yang diharapkan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus. Jenis penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang dilaksanakan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Observasi 2. Wawancara 3. Dokumentasi. Sedangkan untuk subjek penelitian ini dipilih dari kelas XI F 6 yaitu JRA dan MAC. Dipilihnya 2 subjek tersebut berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara yang dilakukan serta hasil dari Analisis Kebutuhan Peserta Didik AKPD . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konseling behaviour dengan teknik shaping efektif dalam membentuk perilaku baru. Ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan observasi sebelum dan setelah konseling menunjukkan hasil yang sangat pesat ini dapat dilihat dari persentase hasil wawancara diperoleh skor 34 dan dalam kategori yang kurang. Setelah dilakukan konseling dengan 3 kali pertemuan, hasil wawancara dengan JRA meningkat menjadi 57 dengan kategori baik. Sedangkan untuk konseli ke II diperoleh hasil analisis wawancara sebelum dilaksanakannya konseling diperoleh skor 30 dan dalam kategori yang kurang. Setelah dilakukan konseling dengan 3 kali pertemuan, hasil wawancara dengan MAC meningkat menjadi 58 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil konseling yang telah dilaksanakan selama 3 kali dan dengan 2 subjek yang telah ditentukan maka dapat disimpulkan konseling behaviour dengan teknik shaping telah berhasil dalam membentuk tingkah laku baru yaitu kebiasaan belajar konseli JRA dan MAC yang semakin baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Drs. Arista Kiswantoro. M,pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Dra. Sumarwiyah, M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Behavioristik, Teknik Shaping, Kebiasaan Belajar
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Jul 2024 18:53
Last Modified: 30 Jul 2024 18:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21696

Actions (login required)

View Item View Item