WIHARTANTY, MAULANA (2024) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan Toleransi beragama siswa kelas xi-8 Sma n 1 mejobo kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Intoleransi merupakan salah satu dosa besar dalam pendidikan. Adanya intoleransi menyebabkan pertikaian seperti hal-hal kecil yang berkembang luas ke Agama. Indonesia memiliki beragam jenis Agama seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha, serta Konghucu. Salah satu sekolah yang siswanya memiliki perbedaan agama adalah SMA N 1 Mejobo Kudus. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan toleransi beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan toleransi beragama siswa. Toleransi beragama merupakan sikap menghargai dan menghormati kepercayaan tanpa memerlukan pengakuan dari orang lain dengan tujuan untuk mempererat persatuan, melindungi dari tindakan kekerasan serta orang lain dapat mengekspresikan budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan peneliti adalah one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah sekelompok siswa dari kelas XI-8 yang berjumlah 8 orang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah meningkatkan toleransi beragama sedangkan variabel bebasnya adalah bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring (pre-test) siswa memiliki sikap toleransi rendah dengan rata-rata 125 dan setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring (post-test) memiliki rerata 209,375 dengan selisih 84,375% yang berarti memiliki kenaikan. Dari hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan mengenai toleransi beragama siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring dengan signifikan 0,012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan toleransi beragama siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Bimbingan Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring, Toleransi Beragama |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 18:59 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 18:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
