DWI ASTUTI, ELIDA RAHMA (2024) Efektifitas model project based learning menggunakan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar ipas kelas v sdn 3 sidigede. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pembelajaran yang konvensional dan kurang dalam penggunaan suat model dan media pembelajaran dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa, hal ini akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan hasil wawancara dan observasi dikelas V SDN 3 Sidigede bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata dan peningkatan hasil belajar IPAS siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning menggunakan media konkret terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 3 Sidigede. Project Based Learning merupakan pembelajaran yang dalam penerapannya melibatkan siswa untuk aktif dan ikut serta dalam pengerjaan sebuah proyek yang nantinya akan menghasilkan sebuah karya yang nantinya akan dipresentasikan. Media konkret adalah segala sesuatu yang berwujud yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dikelas V SDN 3 Sidigede dengan subjek penelitian 20 siswa sebanyak 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes dengan instrument penelitian lembar wawancara, tes tertulis (pretest dan posttes), lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif uji paired sample T-test dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dengan diterapkan model pembelajaran Project Based Learning menggunkan media konkret terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan postest hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 3 Sidigede dengan nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0.05 rata-rata pretest 47,50 posttest 79,15. (2) terdapat peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 3 Sidigede dengan N-gain score 0,6037 dikategorikan sedang. Pembelajaran hendaknya menerapkan model Project Based Learning menggunakan media konkret agar lebih berkesan sehingga konsep pembelajaran dapat dipahami secara maksimal oleh siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Penerapan model Poject Based Learning (PjBL), Media Konkret, Hasil belajar IPAS |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 20:05 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 20:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
