Penerapan model discovery learning berbantuan media ular tanggauntuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas v sdn 1 panjang

Mayuni, Anju (2024) Penerapan model discovery learning berbantuan media ular tanggauntuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas v sdn 1 panjang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran di SDN 1 Panjang ini siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi pra siklus dari 26 siswa yang berhasil hanya 15,38% pada siswa kelas V SDN 1 Panjang. Peneliti menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 1 Panjang yang masih rendah. Model pembelajaran Discovery Learning ini merupakan model pembelajaran yang dapat meingkatkan motivasi belajar siswa dengan mendorong siswa menemukan sendiri dan memberikan kegiatan diskusi kelompok dengan menggunakan media permainan ular tangga yang terdapat kartu pembelajaran. Motivasi belajar siswa merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa selama proses belajar berlangsung di kelas. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan siswa kelas V SDN 1 Panjang ini dengan subjek 26 siswa. penelitian ini dilakukan selam 2 siklus, setiap siklus 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dengan menerapkan model Discovery Learning berbantuan media ular tangga siklus I yaitu memperoleh presentase 53, 84% sampai dengan siklus II pengalami peningkatan 26 siswa dengan presentase keberhasilan 92,30% dengan kriteria “sangat aktif”. Hal tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. sedangkan untuk hasil belajar Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata ketuntasan yaitu sebesar 78,46% dengan presentase keberhasilan 53,48% jumlah siswa 14 pada kategori tuntas, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar pada aspek pengetahuan sebesar 84,88 dengan presentase 96,15% dengan jumlah siswa 26 mencapai nilai diatas KKM. Discovery. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa dengan penerapan model Discovery Learning berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Panjang. Selain meningkatkan motivasi belajar Discovery Learning berbantuan media ular tangga juga meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Panjang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd., Selaku Dosen Pembimbing I Diana Ermawati , S.Pd., M.Pd,. selaku Dosen Pembimbing II
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Media Ular Tangga Motivasi Belajar
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 18:44
Last Modified: 04 Aug 2024 18:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21776

Actions (login required)

View Item View Item