DAMAYANTI, AYU REGINA (2024) Pengembangan modul pembelajaran tematik bermuatan permainan tradisional untuk kemandirian siswa kelas iii sdn 1 kepoh blora. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitin ini dilatarbelakangi dengan kurangnya bahan ajar dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas. Selain itu, anak-anak juga sudah tidak mengenal permainan tradisional mereka lebih sering bermain game online. Sehingga diperlukannya pengembangan modul permainan tradisional untuk kemandirian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan modul, mengetahui pengembangan modul, mengatahui efektivitas pengembangan modul untuk kemandirian siswa. Modul merupakan bahan pembelajaran tercetak yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru. Materi dalam modul tematik muatan permainan tradisional ini terdiri dari gobak sodor, menjala ikan dan lompat tali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Sampel penelitian ini sebanyak 12 siswa kelas III SDN 1 Kepoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analaisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan bahan ajar modul tematik muatan permainan tradisional ini terjadi peningkatan dalam kemandiriaan siswa. Validasi dari ahli materi mendapatkan skor 96,4% dengan kategori sangat layak. Validasi ahli media mendapatkan 97% dengan kategori sangat layak. Uji keefektivan yang digunakan yaitu uji N-Gain. Pada uji N-Gain diperoleh mean N-gain skor sebesar 0,4601 < 0,7 maka hasil tes dapat dikatagorikan sedang. Berdasarkan penelitian uji lapangan menggunakan bahan ajar modul tematik muatan permainan tradisional dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas III. Guru diharapkan mampu menyediakan bahan ajar yang kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran agar dapat memacu siswa untuk meningkatkan kemandirian belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Nur Fajrie, M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:M. Syafruddin Kuryanto, M.Or |
Kata Kunci: | Modul tematik, permainan tradisional, kemandirian |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Aug 2024 18:47 |
Last Modified: | 04 Aug 2024 18:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
