Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sd

Rohmah, Maulidia (2024) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Ketika guru menjelaskan materi matematika, banyak diantara siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan bahkan ada yang tertawa keras dan sebagian siswa belum mampu dikondisikan dengan baik. Saat guru memberikan tugas, siswa yang berbicara dan bermain dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. 2). Untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan siswa untuk memotivasi diri sendiri dan mengendalikan emosi pada dirinya untuk meraih hasil belajar. Hasil belajar matematika merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran dengan ditunjukkan yang berupa nilai tas (kognitif), perubahan sikap (afektif), peningkatan keterampilan (skill), dan peningkatan kecerdasan sosial (social) pada setiap akhir pembelajaran yang diberikan oleh guru. Kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap pembelajaran pada mapel matematika. Sebab mata matematika merupakan suatu ilmu yang bersifat pasti serta diperdalam dengan rumus-rumus. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data wawancara, angket, soal tes. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas V SDN 1 Padurenan yaitu ada 26 siswa. Menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dan koefisien determinasi . Variabel bebas yaitu kecerdasan emosional dan variabel terikat hasil belajar matematika. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas V SD N 1 Padurenan, dengan persamaan regresi Y = 84,033 + 0,467dengan koefisien R2 =0,363. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kesadarandiri, penaturan diri, motivasi diri, empati dan keterampila sosial berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas V SD N 1 Padurenan. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dibuktikan bahwa tingkat kecerdasan emosional pada kategori sedang sebesar 50% (13 siswa) sedangkan tingkat hasil belajar siswa pada kategori sedang sebesar 46% (12 siswa). Kecerdasan emosional siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd., dosen pembimbing I Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd., dosen pembimbing II
Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Hasil Belajar Tes Formatif, Matematika
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 18:53
Last Modified: 04 Aug 2024 18:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21780

Actions (login required)

View Item View Item