Peningkatan hasil belajar siswa kelas ii sd tema 8 menggunakan model pembelajaran open ended problems berbantuan media mopoheksa

Marselina,, Desi (2024) Peningkatan hasil belajar siswa kelas ii sd tema 8 menggunakan model pembelajaran open ended problems berbantuan media mopoheksa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran, peningkatan aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa yang meliputi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan melalui model open ended problems berbantuan media mopoheksa pada tema 8 subtema 3 dan 4 kelas II SD 1 Golantepus Mejobo Kudus. Hasil belajar adalah hal yang diperoleh siswa dari pengalaman belajarnya selama di sekolah yang meliputi pengalaman pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Model pembelajaran open ended problems adalah suatu model pembelajaran yang mana siswa dapat menyelesaikan suatu permasalah dengan berbagai cara. Media permainan mopoheksa adalah alat peraga pembelajaran berupa permainan monopoli yang memiliki bentuk heksagon dan terdapat kartu scan kode QR untuk menampilkan pertanyaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas II SD 1 Golantepus Kecamatan Mejobo yang berjumlah 19 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran open ended problems dan media mopoheksa. Variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas II SD 1 Golantepus. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat melalui tes akhir siklus. Siklus I muatan Bahasa Indonesia memperoleh 74,47% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan hasil 78,94%. Muatan PPKn siklus I memperoleh 76,57% dan mengalami peningkatan di siklus II dengan hasil 81,31%. Peningkatan hasil belajar keterampilan kelas II pada tema 8 menggunakan model pembelajaran open ended problems berbantuan media mopoheksa siklus I presentase rata-rata sebesar 72,36% dengan kualifikasi “Cukup Baik” dan pada siklus II memperoleh presentase rata-rata sebesar 87,49% dengan kualifikasi “Sangat Baik”. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase rata-rata sebesar 76,87% dan siklus II memperoleh presentase rata-rata sebesar 86,37%. Peningkatan keterampilan mengajar pada siklus I memperoleh presentase rata-rata sebesar 81% dengan kualifikasi “Baik” danpada siklus II memperoleh presentase rata-rata sebesar 89% dengan kualifikasi“Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan penggunaan model open ended problems berbantuan media mopoheksa teruji dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 8 muatan Bahasa Indonesia dan PPKn, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru kelas II SD 1 Golantepus Mejobo Kudus. Saran yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebaiknya guru senantiasa melakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menerapkan model open ended problems berbantuan media pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing satu Much. Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing dua
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Open Ended Problems, Media Mopoheksa
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 19:07
Last Modified: 04 Aug 2024 19:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item