Hubungan intensitas belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas v di sdn 1 pelemkerep

Nikmah,, Fadilatun. (2024) Hubungan intensitas belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas v di sdn 1 pelemkerep. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (797kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat siswa yang semangat belajarnya rendah, sebaian siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan juga terdapat minat belajar siswa yang rendah, pada saat pelaksanaan pembelajaran sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan pendapatnya, masih ragu dalam menjawab pertanyaan dari guru. Penyebab dari permasalahan tersebut yaitu karena siswa yang intensitas belajarnya masih rendah yang dapat dilihat dari siswa yang malas dalam belajar, tidak berminat pada suatu pembelajaran dan mengabaikan pola belajarya. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan apakah terdapat hubungan antara intensitas dengan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V. Intensitas belajar merupakan usaha yang dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dapat meningkatkan perubahan dalam ilmu pengetahuan, nilai dan juga sikap. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai siswa dari usaha yang sudah dilakukan dalam mencapai tujuan pembelajaran dalam bentuk angka atau lambang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan di SDN 1 Pelemkerep pada siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sempel pada penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner (angket). Instrumen yang diguanakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi dan berupa sebaran kuesioner (angket). Analisis data menggunakan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat hubungan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Pelemkerep. Besarnya pengaruh antara intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Pelemkerep yaitu 0,718 dengan persentase koefisien determinasi sebesar 51,55%. Hal tersebut berarti hasil belajar dipengaruhi 51,55% oleh intensitas belajar dan 48,45% oleh faktor lain. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara intensitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V yang dibuktikan dari Ho diterima dan Ha ditolak. Besarnya hubungan antara intensitas belajar dengan hasil belajar kognitif siswa kelas V yaitu 0,718 yang berada pada kategori kuat. Intensitas belajar dengan hasil belajar afektif yaitu 0,825 dalam kategori sangat kuat. intensitas belajar dengan hasil belajar psikomotor yaitu 0,844 dalam kategori sangat kuat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Intensitas Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 19:23
Last Modified: 04 Aug 2024 19:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21788

Actions (login required)

View Item View Item