Dampak penggunaan media sosial (tiktok) pada perilaku sosial siswa kelas iv di Sd 3 padurenan

YAHYA, DELFIANUR (2024) Dampak penggunaan media sosial (tiktok) pada perilaku sosial siswa kelas iv di Sd 3 padurenan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMN JUDUL]
Preview
Text (HALAMN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak penggunaan media sosial tiktok pada perilaku sosial siswa kelas IV di SD 3 Padurenan. Penggunaan tiktok di kalangan sekolah dasar khususnya pada siswa kelas IV SD 3 Padurenan dapat mempengaruhi dampak perilaku sosial siswa terutama di lingkungansekolah. Siswa memanfaatkan media tiktok untuk mencari tutorial penyelesaian soal-soal. Selain hal itu, terdapat juga perubahan sosial mengenai gaya dan perilaku yang dianut siswa sesuai yang ada di tiktok. semakin banyak siswa yang menggunakan bahasa yang tidak sewajarnya seperti, anjir, fuck you, ngentot, chuaks, ya gaes ya dan lainnya yang ditujukan kepada orang yang dia tidak suka. Maka dari itu perlu adanya pengawasan oleh guru maupun orang tua dalam pemanfaatan tiktok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 5 siswa dari kelas IV yang diambil menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan analisis data Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sosial siswa di media sosial TikTok mencakup faktor keluarga, sekolah, dan lingkungan. Keluarga memainkan peran penting dalam membentuk kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap penggunaan media sosial. Sekolah, meskipun memiliki dampak terbatas, perlu meningkatkan integrasi literasi media sosial dalam kurikulum. Lingkungan sekitar, khususnya teman sebaya, menjadi faktor motivasi utama dalam penggunaan TikTok oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini gur telah mengambil langkah konkret dalam mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sosial siswa terkait penggunaan TikTok. Melalui instruksi harian, penerapan hukuman, komunikasi aktif dengan orang tua, pemberian tugas rumah yang terukur, dan pemberian penghargaan atau hadiah untuk perilaku positif, guru berperan sebagai agen pembimbing yang berusaha membentuk perilaku sosial siswa secara holistik. Upaya ini mencakup aspek moral, etika, dan tanggung jawab dalam penggunaan media sosial.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. DOSEN PEMBIMBING 2:Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Media sosial, Tiktok, Perilaku Sosial
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 19:28
Last Modified: 04 Aug 2024 19:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21789

Actions (login required)

View Item View Item