Pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas iv dalam membaca cerita rakyat

Firdausiyah,, Mardiana (2024) Pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas iv dalam membaca cerita rakyat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (802kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurang lancarnya siswa dalam membaca. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran multiliterasi berbantuan teks cerita rakyat. Model multiliterasi adalah model pembelajaran yang menggunakan kemampuan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara seefektif mungkin untuk meningkatkan kemampuan berpikir, meliputi kemampuan mengkritik, menganalisis dan memahami informasi dari berbagai sumber. Kemampuan membaca pemahaman adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memahami isi bacaan dengan cara membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen yang dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap subyek penelitian kemudian melihat pengaruh dari perlakuan tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest pada siswa kelas IV di SD 6 Klumpit dan SD 3 Padurenan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran multiliterasi terhadap perbedaan rata-rata dan peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Rata-rata nilai pretest dari tiap sekolah mendapatkan 49 dan 53, sedangkan rata-rata nilai posttest mendapatkan 87 dan 84. Hasil dari pengujian paired sample t-test dengan menggunakan bantuan program SPSS 26 diperoleh nilai signifikan (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Pengujian n-gain mendapatkan hasil 0.75 dengan kriteria peningkatan tinggi, Pengujian n-gain mendapatkan hasil 0.67 dengan kriteria peningkatan sedang. Sebaiknya guru dapat menerapkan model pembelajaran multiliterasi untuk menjadikan pembelajaran yang lebih aktif agar siswa senang dalam dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahamannya dalam membaca.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Lintang Kironoratri, M.Pd., dosen pembimbing I Diana Ermawati, M.Pd., dosen pembimbing II
Kata Kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi, Kemampuan Membaca Pemahaman.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 19:36
Last Modified: 04 Aug 2024 19:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21792

Actions (login required)

View Item View Item