Penerapan model make a match berbantuan media panteru (papan tempel seru) untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 9 kelas vi

WIDIYANTI, EVY (2024) Penerapan model make a match berbantuan media panteru (papan tempel seru) untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 9 kelas vi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran tematik jarang sekali menggunakan model dan media pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik dan bosan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia mencakup aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan melalui model pembelajaran Make a Match berbantuan media PANTERU (Papan Tempel Seru) pada tema 9 kelas VI SD 5 Lau. Model pembelajaran Make a Match merupakan model pembelajaran secara berkelompok yang mengajak siswa untuk memahami konsep pembelajaran yang mengasyikkan melalui permainan mencari pasangan kartu soal dan kartu jawaban dengan bantuan media PANTERU berisi kartu tanya dan kartu jawaban. Hasil belajar merupakan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh siswa setelah mendapat perlakuan yang diberikan guru sehingga dapat mengkonstruksi pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas VI SD 5 Lau dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian akan berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model Make a Match berbantu media PANTERU terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siklus I sebesar 71,42% dan siklus II meningkat menjadi 92,85%. Hasil belajar ranah afektif meningkat dari siklus I sebesar 64% (cukup) menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotorik meningkat dari siklus I sebesar 85,71% (sangat baik) menjadi 92,85% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 71,42% (baik) menjadi 78,58% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas VI SD 5 Lau dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match berbantuan media PANTERU dapat meningkatkan hasil Belajar pada siswa kelas VI Sd 5 Lau. Selain meningkatkan hasil belajar, model Make a Match berbantuan media PANTERU juga meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SD 5 Lau.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd. M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Diana Ermawati, S.Pd. M.Pd,
Kata Kunci: Hasil Belajar, Make a Match, IPS dan Bahasa Indonesia.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 20:06
Last Modified: 04 Aug 2024 20:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21799

Actions (login required)

View Item View Item