Pengaruh penerapan eduping (e-modul berbasis mind Mapping) dengan model pembelajaran cooperative Learning terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa kelas vi sd n 3 terban

Setyaningrum,, Wira Neni (2024) Pengaruh penerapan eduping (e-modul berbasis mind Mapping) dengan model pembelajaran cooperative Learning terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa kelas vi sd n 3 terban. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) seberapa besar perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan penerapan EDUPING (E-Modul berbasis Mind Mapping) dengan model pembelajaran cooperative learning dalam pembelajaran Tematik Kelas VI Sekolah Dasar; (2) peningkatan rata-rata hasil pre-test dan post-test pada penerapan EDUPING (E-Modul berbasis Mind Mapping) dengan model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Tematik Kelas VI Sekolah Dasar. EDUPING (E-Modul berbasis Mind Mapping) merupakan sarana belajar yang berbentuk software dan berisi tentang materi pembelajaran disertai dengan penjelasan lengkap melalui Mind Mapping, video animasi, quiz atau soal evaluasi. Model Cooperative Learning menrupakan metode pembelajaran yang mencakup kelompok kecil dalam menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan bersama. Berpikir kritis merupakan proses memperoleh pengetahuan baru dengan cara memecahkan masalah secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SD N 3 Terban dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 4 langkah, yaitu: (1) Studi Pendahuluan; (2) Perencanaan; (3) Pembuatan Modul; (4) Pelaksanaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analasis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji t (t-test), dan analisis N-Gain. Penerapan EDUPING (E-Modul Berbasis Mind Mapping) dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis padanuji N-Gain Gain sebesar 0.37 yang termasuk kategori sedang dan hasil uji paired-samples t-test sebesar 0,00 < 0,05 artinya Ha diterima maka terdapat perbedaan pada nilai protest ke pretest yaitu menunjukan Nilai posttest lebih baik daripada pretest. Uji statistik hasil diperoleh (1) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa, (2) adanya peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwarata-rata posttest lebih tinggi daripada pretest yang menandakan adanya peningkatan serta kemampuan berpikir kritis siswa terdapat peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest pada penerapan EDUPING (E-Modul berbasis Mind Mapping) dengan model pembelajaran cooperative learning.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Khamdun, M.Pd. Dosen Pembimbing I Siti Masfuah, M.Pd. Dosen Pembimbing II
Kata Kunci: EDUPING (E-Modul Berbasis Mind Mapping); Cooperative Learning; Berpikir Kritis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 22:20
Last Modified: 04 Aug 2024 22:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21801

Actions (login required)

View Item View Item