Pengaruh media monopoli terhadap motivasi dan pemahaman konsep pembelajaran ips siswa kelas vi sd

Melati,, Erina (2024) Pengaruh media monopoli terhadap motivasi dan pemahaman konsep pembelajaran ips siswa kelas vi sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media monopoli terhadap motivasi dan pemahaman konsep pembelajaran IPS siswa kelas VI SD.Dalam penelitian ini dilatar belakangi bahwa di SD Unggulan Muslimat NU kudus dalam proses pembelajaran yang menggunakan metode ceramah menyebabkan membosankan sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas VI SD. Hal ini terlihat dari observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas VI yang terdiri dari 26 siswa hanya 8 siswa yang mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), bila dipresentasikan siswa yang tuntas adalah 30,77% sedangkan yang belum tuntas 18 siswa 69,23% dengan nilai KKM 71. Keadaan tersebut menjadi dasar penelitian bagaimana pengaruh media monopoli terhadap motivasi dan pemahaman konsep pembelajaran IPS siswa VI SD. Media monopoli adalah media pembelajaran yang digunakan dengan cara bermain, yang dapat merangsang keaktifan siswa, semangat belajar, serta dapat menimbulkan kegiatan mengajar yang menarik. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental Desaign tipe One Groupe Pretest-Posttest Desaign ini akan dilakukan di kelas VI SD Unggulan Muslimat Nu Kudus dengan Sampel 26 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep IPS dan motivasi belajar , sedangkan variable bebasnya adalah media permainan monopoli . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket motivasi ,soal tes yaitu meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat normalitas, uji paired sample t-test dan n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data memenuhi uji prasyarat menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata data nilai pretest pemahaman kon-sep dan posttest pemahaman konsep. Nilai pretest memperoleh rata-rata sebesar 53,00, sementara nilai posttest memperoleh rata-rata sebesar 94,35 yang menunjuk-kan peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilakukan pengujian selanjutnya hasil uji hipotesisi pada pemahaman konsep menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) mem-peroleh 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara media monopoli terhadap pemahaman konsep pembelajaran IPS. Sedangkan hasil penelitian uji hipotesis selanjutnya dengan uji N-gain menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh sebesar 87 dengan kategori tinggi, hasil penelitian ana-lisis data presentasi motivasi dengan nilai rata-rata 77% dengan kategori “tinggi”. Berdasarkan uraian diatas maka dapat implikasikan bahwa terdapat pengaruh media monopoli terhadap motivasi dan pemahaman konsep pembelajaran IPS siswa kelas VI di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Jadi dalam hal ini menuntut guru, orangtua, dan masyarakat terdekat siswa untuk aktif menggunakan media monopoli karena sangat cocok dan mendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd (Pembimbing I) Moh Syaffruddin K, S.Si., M.Or (Pembimbing II)
Kata Kunci: Media Monopoli, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar IPS.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 23:34
Last Modified: 04 Aug 2024 23:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21804

Actions (login required)

View Item View Item