Analisis kesulitan belajar matematika materi bilangan cacah pada siswa kelas iv di sd 1 bakalan krapyak

PUTRI UTAMI, ANAJULIA (2024) Analisis kesulitan belajar matematika materi bilangan cacah pada siswa kelas iv di sd 1 bakalan krapyak. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstrak

Siswa kelas IV di SD 1 Bakalan Krapyak masih ada yang kesulitan belajar matematika materi bilangan cacah seperti nilai tempat, mengurutkan bilangan berdasarkan nilai tempat, dan lain-lain. Hal tersebut disebabkan karena siswa belum memahami materi bilangan cacah dengan baik. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan belajar matematika materi bilangan cacah pada siswa kelas IV di SD 1 Bakalan Krapyak dan faktor–faktor yang menjadi penyebabnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar matematika materi bilangan cacah pada siswa kelas IV di SD 1 Bakalan Krapyak dan faktor–faktor yang menjadi penyebabnya. Kesulitan belajar adalah kekurangan yang dimiliki siswa. Salah satu kesulitan belajar yang dialami siswa adalah pelajaran metamatika. Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang angka, bilangan, dan simbol. Salah satu materi matematika yang dianggap sulit oleh siswa adalah materi bilangan cacah. Bilangan cacah adalah bilangan yang terdiri dari himpunansemua bilangan asli dan bilangan nol (0,1,2,3,4,5,..). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berorientasi pada naratif yang akan dilaksanakan di SD 1 Bakalan Krapyak. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive dengan subjek penelitian sebaanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi obserasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang mengikuti konsep Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kesulitan belajar matematika bilangan cacah T1 dan T2 mampu menyelesaikan empat indikator konsep dengan baik. R1 dapat menyelesaikan tiga dan R2 mampu menyelesaikan dua indiktor konsep cukup baik. S1 dan S2 hanya mampu menyelesaikan satu indikator yang ada. Faktor-faktor yang penyebab kesulitan belajar meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal yaitu kemampuan belajar, minat belajar, kesehatan, dan kecerdasan individu. Pada faktor eksternal adalah lingkungan kelas mencakup keadaan proses pembelajaran berlangsung dan lingkungan keluarga. Penelitian ini diharapkan peran guru dalam mengoptimalkan pembelajaran siswa dengan baik. Guru harus bisa memhamami karakteristik setiap siswa dan mampu menciptkan pembelajaran yang berkesan dan bermakna bagi siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Bilangan Cacah
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 23:37
Last Modified: 04 Aug 2024 23:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21805

Actions (login required)

View Item View Item