Keefektifan model pembelajaran think pair share Berbantuan media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas iv sekolah dasar

Zain,, Mutiara Triana (2024) Keefektifan model pembelajaran think pair share Berbantuan media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (938kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstrak

Kurangnya kreativitas dan kecermatan siswa dalam mengembangkan gagasan untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran matematika menyebabkan tingkat kemampuan berpikir kreatif masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh pemilihan model dan media pembelajaran yang kurang tepat dan menarik pada siswa. Hasil rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif pada 20 siswa sangat rendah yaitu sebesar 58,1. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui perbedaan rata-rata dan keefektifan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di SDN 2 Gemiringlor Jepara tahun ajaran 2023/2024 dengan penerapan model Think Pair Share berbantuan media Tangram pada materi komposisi dan dekomposisi bangun datar. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan siswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling bantu sama lain. Media tangram merupakan media pembelajaran yang konkret untuk matematika materi komposisi dan dekomposisi bangun datar. Kemampuan berpikir kreatif merupakan sebuah usaha melatih siswa untuk berpikir terbuka, yang berarti siswa mampu mengembangkan alternatif dan jawaban yang berbeda saat mengenai masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperiment desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Gemiringlor dengan subjek penelitian 20 siswa. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi komposisi dan dekomposisi bangun datar, untuk variabel bebasnya adalah model Think Pair Share berbantuan media tangram. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah diterapkan model Think Pair Share berbantuan media Tangram. Terdapat keefektifan peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan model Think Pair Share berbantuan media Tangram sebesar 56,62 dengan kategori sedang. Dalam presentase sebesar 56,62% ditafsirkan dalam kategori cukup efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Think Pair Share dengan media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 2 Gemiringlor. Saran dalam penelitian ini agar terdapat pengembangan media penelitian pada penelitian lebih lanjut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd., (Pembimbing I) Diana Ermawati, M.Pd. (Pembimbing II)
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Think Pair Share, Media Tangram.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:08
Last Modified: 05 Aug 2024 00:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21815

Actions (login required)

View Item View Item