Pengaruh program literasi pojok baca terhadap hasil belajar bahasa indonesia di sekolah dasar

Moerti,, Trisna Dewi. (2024) Pengaruh program literasi pojok baca terhadap hasil belajar bahasa indonesia di sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program literasi pojok baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV di SD N 07 Bulung Kulon dan mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi teks dongeng kelas IV SD 07 Bulung Kulon setelah diterapkan program literasi pojok baca. Pojok baca merupakan sebuah pemanfaatan ruang sudut baca di kelas yang dilengkapi dengan rak buku dan hiasan yang menarik untuk menumbuhkan minat baca siswa. Hasil belajar adalah hasil pengukuran dari penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu adanya pengaruh Pengaruh program literasi pojok baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuantittaif eksperimen yaitu one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa dan teknik pengambila sampel menggunakan sampling jenuh. Dengan jumlah sampel sama dengan populasinya yaitu 20 responden. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji T-test dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil yang telah diolah, diperoleh data sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh program literasi pojok baca terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N 07 Bulung Kulon pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks dongeng menggunakan uji T-test ditemukan nilai t sebesar -12,893 dengan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebanding dengan 0,00 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 ; 2) Terdapat besar peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD N 07 Bulung Kulon setelah diterpkan program literasi pojok baca menggunakan uji N-Gain siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,5111 atau 51% termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan pada penilitian ini adalah terdapat pengaruh program literasi pojok baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia dan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dalam kategori sedang setelah penerapan pojok baca. Saran dalam penelitian ini diharapkan sekolah melanjutkan program literasi pojok baca untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. dosen pembimbing satu (I) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. dosen pembimbing dua (II)
Kata Kunci: Pojok Baca, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 18:52
Last Modified: 05 Aug 2024 18:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21830

Actions (login required)

View Item View Item