Pengaruh pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal gerabah menggunakan model project based learning (pjbl) terhadap peningkatan hasil belajar siswa Kelas v sdn 3 dorang

AMALIA, NAFIATUL (2024) Pengaruh pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal gerabah menggunakan model project based learning (pjbl) terhadap peningkatan hasil belajar siswa Kelas v sdn 3 dorang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menggunakan metode Teacher Center Learning serta kurangnya pemahaman budaya lokal yang ada di daerah sekitar menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN 3 Dorang. Hasil belajar dari, dari 20 siswa yang tuntas hanya 1 siswa (10%) sedangkan 19 siswa (90%) belum tuntas. Tujuan dalam penelitian ini adalah menghitung peningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada ranah kognitif dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada dalam pembelajaran matematika pada materi volume bangun ruang menggunakan model Project Based Learning. Kearifan lokal gerabah merupakan ciri khas suatu budaya dalam masyarakat lokal yang diturunkan dari generasi ke generasi. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada proses, relatif berjangka waktu, berfokus pada masalah, unit pembelajaran bermakna dengan memadukan konsep-konsep dari sejumlah komponen,. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis one group pretest-posttest design. Penelitian akan dilaksanakan di kelas V SDN 3 Dorang dengan subjek penelitian 20 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kearifan lokal dalam pembelajaran matematika dengan model Project Based Learning. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif Penerapan internalisasi kearifan lokal gerabah dalam pembelajaran matematika menggunakan model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa dengan uji paired sample t-test menunjukkan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 sedangkan pada perhitungan thitung 9,076 > ttabel 2,093 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan peningkatan penggunaan internalisasi kearifan lokal gerabah dalam pembelajaran matematika dengan uji N-Gain menunjukan nilai rata-rata 0,63 dengan kriteria sedang. Uji statistik diperoleh hasil (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dengan rata-rata skor postest siswa, (2) terdapat peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa secara keseluruhan pada kriteria sedang. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal gerabah menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Lovika Ardana Riswari, M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Kearifan Lokal Gerabah, Matematika, Project Based Learning, Hasil Belajar Formatif
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 19:03
Last Modified: 05 Aug 2024 19:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item