Pengembangan media jejak petualangan sains (jps) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v di sdn 4 getassrabi

NOOR AINI, ALFINA (2024) Pengembangan media jejak petualangan sains (jps) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v di sdn 4 getassrabi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (959kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version

Download (609kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran IPAS yang monoton dan konvensional dapat menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan fakta yang terdapat di SDN 4 Getassrabi. Hasil kemampuan berpikir kritis tersebut mengungkapkan variasi dalam nilai-nilai siswa. Rata rata yang diperoleh siswa yaitu 44.54 dengan nilai terendah 20 dan nilai tertinggi 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah validitas pengembangan media, ada atau tidak adanya perbedaan, serta peningkatan kemampuan berpikir kritis sebelum diberikan media Jejak Petualangan Sains (JPS) pada siswa kelas V SDN 4 Getassrabi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas pengembangan media, ada atau tidak adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah diberikan media Jejak Petualangan Sains serta peningkatan . Model penelitian yang digunakan penelitian ini adalah model penelitian Research and Development jenis ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementation, Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN 4 Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Getassrabi yang berjumlah 11 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test pos-ttes dengan eksperimen langsung. Penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Adapun waktu yang digunakan dalam perencanaan penelitian adalah bulan September sampai November, kemudian untuk pelaksanaan penelitian pada bulan Januari 2024. Teknik pengumpulan data meliputi Teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi serta masukan dari ahli validator kemudian diolah menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Sedangkan analisis data kuantitatif didapat dari validitas dan keefektifan media yang diuji melalui uji Normalitas, Uji T, dan uji N Gain. Hasil Penelitian membuktikan bahwa Media Jejak Petualangan Sains (JPS) Validitas Media Jejak Petualangan Sains (JPS) valid dan layak digunakan dengan skor validasi media dari ahli media 99,125%,persentase validasi materi yaitu 97,875%. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media,diperoleh nilai Pre-Tes (7.5850), skor rerata nilai Post-Test (85.500). Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Jejak Petualangan Sains (JPS) pada siswa kelas V SDN 4 Getassrabi mendapat skor 85.4153%. Penelitian ini hendaknya guru dapat mengimplementasikan media Jejak Petualangan Sains (JPS) ke pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pada

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Siti Masfuah, S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sains,, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 19:31
Last Modified: 05 Aug 2024 19:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21841

Actions (login required)

View Item View Item