Pengembangan e-modul sistem pencernaan manusia (e-lepen) berbasis augmented reality untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas v sdn kutoharjo 02 pati

HERNANDHA PUTRI, ANNISA (2024) Pengembangan e-modul sistem pencernaan manusia (e-lepen) berbasis augmented reality untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas v sdn kutoharjo 02 pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstrak

Melalui pendidikan, seseorang dapat memperbaiki dirinya dan mencapai potensi yang lebih baik. Menurut Pristiwanti et al., pendidikan merupakan usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran yang menyenangkan agar pesera didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Augmented Reality merupakan media berbasis teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real-time sehinga dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar. Perubahan kurikulum menjadikan peserta didik beradaptasi dengan kurikulum baru (Kurikulum Merdeka). Salah satu perubahan di kurikulum merdeka tingkat SD pada IPA dan IPS menjadi mata pelajaran IPAS. Pengembangan E-Modul interaktif berbasis Augmented Reality pada sistem pencernaan manusia untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap media pembelajaran sehingga lebih aktif dalam pembelajaran. Metode yang dikembangkan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian pengembangan dilaksanakan di kelas V SDN Kutoharjo 02 Pati. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil impelmentasi menunjukkan adanya perbedaan minat belajar sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran interaktif E-Modul (E-LEPEN) berbasis Augmented Reality dengan nilai t hitung sebesar 8,616 yang memiliki signifikansi 0,00, yang lebih kecil dari 0,05, hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran tersebut efektif. E-Modul (E-LEPEN) berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan minat belajar sebesar 0,6911 dengan kategori “sedang”. Sedangkan perolehan peningkatan rata-rata hasil N-Gain persen sebesar 69,1106. Adapun dari data yang diperoleh, jika mengacu pada skor ideal tafsiran efektifitas N-Gain, nilai rata-rata N-Gain tersebut dikategorikan dalam kategori “cukup efektif”. Keseluruhan, hasil validasi dan respons dari berbagai pihak tersebut memberikan indikasi yang kuat bahwa E-Modul ini tidak hanya memenuhi standar kelayakan, tetapi juga efektif dalam mendukung pembelajaran siswa dan memfasilitasi pengajaran bagi guru. sehingga pada media E-Modul (E-LEPEN) berbasis Augmented Reality dapat meningkatkan minat belajar siswa, sehingga siswa belajar tidak hanya mendengarkan tetapi siswa juga dapat bermain menggunakan E-Modul tersebut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Fitriyah Amaliyah, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: E-Modul, Augmented Reality, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 19:37
Last Modified: 05 Aug 2024 19:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21842

Actions (login required)

View Item View Item