Pengembangan media pembelajaran komantirana melalui model pembelajaran problem based learning Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas v sd 5 jepang

HAYKAL FASYA, ALFIN (2024) Pengembangan media pembelajaran komantirana melalui model pembelajaran problem based learning Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas v sd 5 jepang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMN JUDUL]
Preview
Text (HALAMN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang tidak menggunakan media pembalajaran dapat menyebabkan minat belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada guru dan siswa di kelas V di SD 5 Jepang. Mendapatkan permasalahan yaitu media pembelajaran yang hanya menggunakan video, dan powerpoint, siswa kurang berantusias dalam pembelajaran IPAS, media pembelajaran yang monoton, dan kurangnya tingkat berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran Komantirana (Komik Keanekaragaman Hayati Flora dan Fauna) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas V SD 5 Jepang. Komantirana (Komik Keanekaragaman Hayati Flora dan Fauna) adalah media pembelajaran yang menggunakan gambar, teks, dan alur cerita. Isi dari media pembelajaran ini adalah menyajikan alur cerita yang membahas materi tentang keanekaragaman hayati flora dan fauna untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan menganalisis suatu permasalahan dan memecahkannya secara mandiri. Penelitian ini menggunakan Research and Development ini yang dilakukan di kelas V SD 5 Jepang. Dengan subjek penelitian 36 siswa menggunakan model dari Borg and Gall dengan menggunakan 7 Tahapan yang berlangsung 3 Pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, angket, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian rata-rata nilai pretest sebesar 36,75 % dengan nilai tertinggi 72 dan nilai terendah 0. Nilai pretest tersebut diperoleh sebelum dikenalkannya media pembelajaran komantirana. Sehingga pada hasil pretest ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh skor sebesar 0 %. Sedangkan setelah siswa menggunakan media pembelajaran komantirana diperoleh dari nilai posttest siswa memperoleh skor sebesar 74,58 % dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Validitas ahli materi 81,6% dan validitas ahli media 98,3%. Uji normalitas signifikan (sig) pretest 0,058>0,05 dan signifikan postest 0,055>0,05 data berdistribusi normal. Uji paired sample t-test t hitung -20,331 dengan signifikansi 0,000>0,05 maka Ho ditolak Ha diterima media komantirana efektif digunakan dalam pembelajaran. Uji Ngain untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa mendapatkan skor 0,6129% dengan kategori sedang dann N-Gain persen 61,2865 “cukup efektif”.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Komik, Flora dan Fauna, Berpikir Kritis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:34
Last Modified: 05 Aug 2024 23:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21847

Actions (login required)

View Item View Item