Profil kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari minat belajar

FACHRUNNISA, IFADA NURMA DEVIA (2024) Profil kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari minat belajar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif yang dilaksanakan di kelas VIII D MTs Ma’ahid Kudus dengan subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan minat belajar siswa yang telah dikelompokkan menjadi 2 kategori, yaitu tinggi dan sedang. Kemampuan Berpikir Kritis ini dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu sedang dan rendah. Pengumpulan data diambil melalui tes kemampuan berpikir kritis, pengisian angket minat belajar, kemudian dilakukan wawancara kepada subjek yang tepilih. Analisis data dimulai dengan memahami seluruh data kemudian dikelola dengan berbagai sumber, yaitu hasil tes tertulis kemampuan berpikir kritis dan lembar angket kemudian dilakukan wawancara kepada subjek terpilih dari kategori minat belajar tinggi dan kategori minat belajar sedang. Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan tentang hubungan antara minat belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa, serta memperkaya pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan kemampuan berpikir kritis di tingkat pendidikan menengah pertama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir tidak ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan minat belajar mereka. Dalam penelitian ini kemampuan berpikir kritis siswa terbagi menjadi dua kategori yaitu kemampuan berpikir kritis sedang dan kemampuan berpikir krtiis rendah. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang tidak selalu memiliki minat belajar sedang, dan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah tidak ada yang memiliki minat belajar rendah. Sehingga profil kemampuan berpikir kritis siswa berbeda-beda tergantung pada tingkat minat belajar mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah kurangnya peran minat belajar sebagai faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hampir tidak ada keterkaitan yang signifikan antara keduanya, meskipun mungkin berbeda pada sebagian kasus

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Jayanti Putri Purwaningrum S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing 1 Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing 2
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar, Pendidikan Menengah Pertama
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:35
Last Modified: 05 Aug 2024 23:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21849

Actions (login required)

View Item View Item