Keefektifan model project based learning berbantuan slemath berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan disposisi matematis pada siswa smp

Khafidin,, Darul (2024) Keefektifan model project based learning berbantuan slemath berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan disposisi matematis pada siswa smp. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy

Abstrak

dapat menyebabkan rendahnya berpikir matematis dan disposisi matematis. Hal ini dibuktikan dari hasil studi pendahuluan pada kelas VIII B dan VIII C di SMP N 1 Dawe, yang memperoleh rata-rata sebesar 29,85 dengan kriteria baru berkembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu, menguji rata-rata kemampuan berpikir matematis siswa melalui model Project Based Learning berbantuan SLEMATH berbasis etnomatematika dengan yang diajarkan metode ceramah, menguji perbedaan peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa antara siswa sebelum dan sesudah diterapkan Project Based Learning berbantuan SLEMATH berbasis etnomatematika, menguji peningkatan disposisi matematis sebelum dan sesudah diterapkan Project Based Learning berbantuan SLEMATH berbasis etnomatematika, menguji hubungan disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir matematis siswa. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-G SMP N 1 Dawe semester I tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII B dan VIII C SMP N 1 Dawe dengan sampel 64 siswa. Adapun teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat antara lain uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yang meliputi uji mann whitney U, uji N-gain, dan uji korelasi spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan, (1) rata-rata kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar dengan model Project Based Learning berbantuan SLEMATH berbasis etnomatemtika lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, (2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir matematis dengan menerapkan model Project Based Learning berbantuan SLEMATH berbasis etnomatematika sebesar 0,44 dalam kategori sedang, (3) terdapat peningkatan disposisi matematis dengan menerapkan model Project Based Learning berbantuan SLEMATH berbasis etnomatematika sebesar 0,44 dalam kategori sedang, (4) terdapat hubungan disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir matematis siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu model Project Based Learning berbantuan SLEMATH berbantuan etnomatematika efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan disposisi matematis siswa. Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan disposisi matematis siswa disarankan untuk menerapkan model Project Based Learning untuk materi lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si DOSEN PEMBIMBING 2 Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: : Project Based Learning, SLEMATH Berbasis Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Matematis, dan Disposisi Matematis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:06
Last Modified: 06 Aug 2024 00:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21858

Actions (login required)

View Item View Item